Mencari Yang Hilang

 Mencari Yang Hilang

”Demikian juga akan ada sukacita di surga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih daripada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan ” (Lukas 15: 7)

 

Apa yang Anda rasakan jikalau mobil  Anda yang dicuri dapat ditemukan kembali?  Saya yakin, Anda sungguh bersukacita. Apa yang Anda rasakan jikalau mobil tetangga Anda yang dicuri telah ditemukan kembali? Bisa saja Anda juga ikut merasa senang, tetapi kadar perasaan senang ini pasti berbeda dengan tetangga kita yang kehilangan itu. Menurut orang Jawa, perbedaan kadar rasa senang/sukacita ini disebabkan  karena kadar rasa kepemilikan atau keterhubungannya. Seorang yang memiliki kadar keterhubungan yang dalam akan sangat kehilangan atau sangat sukacita dibandingkan mereka yang  memiliki kadar keterhubungan yang dangkal.

Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat pada zaman Yesus, tampaknya tidak punya hubungan yang mendalam dengan para pemungut cukai dan orang-orang yang dianggap berdosa pada waktu itu.  “Mereka” sudah tidak lagi dianggap kelompok  “kita”. Oleh sebab itulah apa yang terjadi pada “mereka” tidak ada lagi hubungannya dengan “kita”.  Berbeda dengan Yesus, hubungannya begitu mendalam. Terlihat dari kesediaan-Nya untuk memperbolehkan para pemungut cukai dan orang-orang berdosa mendengarkan sabda-Nya (pada masa itu, mereka dianggap tidak layak dan bahkan sering dilarang untuk menerima ajaran Taurat).

Melalui perumpamaan domba dan dirham yang hilang, Yesus mengajarkan: Mereka “yang terhilang”, justru bukan untuk dibiarkan “hilang”, seakan-akan mereka sudah sepantasnya menjadi “yang terhilang”. “Yang hilang” justru perlu dicari dan dirangkul kembali.    Sebagai Tubuh Kristus, semestinya kita memiliki rasa kepedulian yang mendalam satu dengan yang lainnya. Ketika ada “yang terhilang”, semua akan merasakan kehilangan. Hal itu akan menciptakan pemimpin-pemimpin dan jemaat Tuhan yang mencari mereka “yang hilang”. Jika satu “yang hilang” ditemukan,  semua akan bersukacita.

 

Tugas orang percaya adalah mencari mereka yang terhilang

Artikel oleh: March 14, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Luke (Renungan Alkitabiah dari Kitab Lukas)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda