Pertahankan Iman

“…..Supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman  yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus” (Yudas 1 : 3)

 Pertahankan Iman

           Yudas menyadari betul tugasnya sebagai penjaga kawanan domba Allah. Ketika ia melihat bahaya penyusupan ajaran sesat yang mengancam kehidupan iman umat percaya, ia tidak tinggal diam. Ia mengingatkan umat Tuhan untuk senantiasa menjaga iman mereka.

Dalam ayat ini kita dapat menemukan kebenaran2 khusus mengenai iman yang kita pegang:

1) Iman adalah sesuatu yang diberikan kepada kita. Kepercayaan kita kepada Kristus bukanlah merupakan sesuatu yang kita temukan atau usahakan sendiri, melainkan pemberian-Nya sebagai karunia bagi kita.

2) Iman adalah sesuatu yang sekali dan untuk selama-lamanya diberikan pada kita. Iman Kristen mengandung kualitas yang tidak berubah-ubah dari dulu sampai selamanya; yakni: Kristus datang kedalam dunia dan mati untuk membawa keselamatan bagi manusia berdosa yang percaya pada-Nya.

3) Iman Kristen adalah sesuatu yang dipercayakan kepada umat Allah yang sudah dikuduskan. Artinya: iman Kristen bukanlah hak milik dari seseorang, tetapi hak milik gereja. Ia datang ke dalam gereja, dipeliharakan dalam gereja, dan dipahami dalam gereja.

4) Iman Kristen adalah sesuatu yang harus dipertahankan.

Setiap orang Kristen harus siap sedia membela imannya. Sangat menarik bahwa Yudas menggunakan kata “epagonizesthai” untuk kata membela atau memperjuangkan iman dalam ayat ini. Kata Yunani ini mengandung akar kata dalam bahasa Inggris “agony” yang berarti kesengsaraan. Hal ini berarti setiap orang percaya diajak untuk senantiasa membela imannya meskipun harga yang harus dibayar untuk itu sangat mahal. Sudah seberapa jauhkah iman kristen telah menjadi nyata dalam kehidupan keluarga, pekerjaan, studi, lingkungan, dan pelayanan?

 

Iman Kristen tidak dapat dikompromikan dengan “kebenaran iman yang lain”.  Anda sebagai orang Kristen harus siap sedia membela imannya.

 

Artikel oleh: November 22, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Jude (Renungan Alkitab dari Kitab Yudas)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda