Reaksi Terhadap Penderitaan

“Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah  kasih karunia pada Allah”. (1 Petrus 2:20b)

Reaksi terhadap Penderitaan

Hidup kekristenan tidak selamanya berlangsung dengan penuh ketenangan. Ada masa-masa dimana penderitaan, baik secara fisik atau emosi terjadi dalam kehidupan kita. Kedekatan kita dengan Allah menentukan reaksi apa yang akan timbul karenanya.  Dari ayat ini, ada beberapa hal yang dapat kita renungkan :

1. Menderita karena berbuat baik.  Dalam beberapa bagian di perikop ini, dengan jelas disebutkan mengenai penderitaan yang Yesus alami sebagai manusia. Meskipun tujuan kedatangan-Nya adalah untuk sesuatu yang sangat baik, yaitu menebus dosa seluruh umat manusia, tapi Yesus mengalami berbagai penderitaan yang tidak selayaknya diterima. Demikian juga kadangkala kita mengalami penderitaan, disalahmengerti, bahkan difitnah karena berbuat baik, justru hal tersebut merupakan kebanggaan sebagai pengikut Kristus.

2. Belajar dari Tuhan Yesus.  Sebagai Pribadi yang sering mendapat perlakuan tidak adil, Yesus memberi teladan yang luar biasa. “Ketika dicaci maki, Ia tidak membalas dengan caci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi menyerahkannya kepada Dia yang menghakimi dengan adil” (ayat 23).

Hanya dengan persekutuan yang erat dengan Allah serta pengenalan kita akan firman-Nya, kita dapat bereaksi dengan benar ketika suatu saat kita merasa diperlakukan tidak adil, bahkan ketika mengalami penderitaan. Ketidakadilan akan selalu terjadi, dan mungkin kita sedang “menunggu giliran” untuk mengalaminya. Allah mau agar kita memiliki respon yang berbeda dibanding orang-orang yang belum mengenal Tuhan.  Miliki sikap hati dan respon yang benar terhadap hal tersebut, supaya pembentukan Allah boleh berjalan sesuai dengan rencana dan kehendak-Nya. Kasih karunia Allah cukup bagi kita.

Jangan pernah menolak penderitaan, jika hal itu memang Allah izinkan terjadi dalam hidup kita.

 

Artikel oleh: October 21, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Peter (Renungan Alkitab dari Surat Petrus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda