Andalkan Tuhan

“Aku ini mengenal Efraim, dan Israel tidaklah tersembunyi bagi-Ku,

sebab engkau telah berzinah, hai Efraim; dan Israel telah menajiskan diri”. (Hosea 5 : 3)

 Andalkan Tuhan

        Idola adalah suatu yang kita kagumi dan andalkan dalam hidup kita. Kita mengenal di dalam acara reality show baik televisi manca negara maupun televisi di Indonesia yang menayangkan calon-calon idola, seperti American Idol, Indonesia Idol, Akademi Fantasi, KDI, American Got Talent, dan sebagainya. Masyarakat disuruh menggunakan SMS untuk mendukung para idolanya.

Umat Tuhan pada waktu itu juga demikian. Mereka mengidolakan Asyur yang dinilai dengan kacamata manusia mampu melepaskan mereka dari kesusahan karena dosa mereka (ayat 1-7). Apakah manusia mampu?  Mereka sadar akan keberadaannya dalam hukuman Allah! Ayat 13 “Ketika Efraim melihat penyakitnya, dan Yehuda melihat bisulnya…”. Hal ini menunjukkan bahwa manusia sadar akan keberadaannya. Namun idola mereka tidak dapat menolong mereka, ”Tetapi ia pun tidak dapat menyembuhkan kamu…” (ay 13 b).  Seperti juga Efraim dan Yehuda, kita pun sadar akan penyakit kita, sadar akan  belenggu kita tetapi ingin berusaha keluar dari hal ini, dengan mengandalkan dahulu ‘idola’ kita. Padahal jalan keluar yang tepat untuk kita  ialah datang kepada Tuhan. Tuhan menginginkan umat Tuhan kembali kepada-Nya dan menaati hukum-hukum Allah.

Allah tidak menginginkan manusia itu hidup dalam dosa. Ia ingin manusia hidup takut akan Dia. Manusia memiliki kehendak bebas, ia dapat memilih ikut Tuhan atau tidak. Tuhan tidak pernah memaksakan kehendak-Nya kepada manusia. Efraim dan Yehuda mengajarkan kepada kita, bahwa kita jangan mengidolakan manusia dengan berlebihan untuk menutupi kelemahan kita, melainkan kita mengidolakan Tuhan sehingga kita terbuka di hadapan Tuhan untuk penyelesaian segala dosa dan kesalahan kita.

 

Mengandalkan manusia membuat manusia semakin terjerumus, tapi mengandalkan Tuhan pasti berbahagia.

 

 

Artikel oleh: September 13, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Hosea (Renungan Alkitab dari Kitab Hosea)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda