Keampunan Dosa

Bacaan Alkitab: Ibrani 10: 1 – 18

“Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa” В  (Ibrani 10 :18).

korban sejati

Hukum Taurat hanyalah bayangan dari keselamatan yang akan datang dan tidak mungkin menyempurnakan mereka yang ada didalamnya. Hal itu dibuktikan dengan dipersembahkannya korban yang sama setiap tahun terus menerus. Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa, tapi justru oleh korban-korban tersebut orang diperingatkan akan adanya dosa. Dan sesungguhnya, Allah tidaklah menghendaki korban dan persembahan yang demikian, bahkan tidak berkenan atasnya meskipun dipersembahkan menurut hkum Taurat. Maka Kristus datang untuk melakukan kehendak Allah, Ia mempersembahkan diri-Nya karena dosa, satu kali untuk selama-lamanya, yang dengan demikian mengadakan pengampunan dan pendamaian karena dosa. Oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.

Korban Kristus menghadirkan suatu perjanjian yang baru dimana Allah tidak lagi menuliskan hukum-hukum-Nya pada loh batu, tapi menaruh hukum-Nya dalam hati dan menuliskannya dalam akal budi orang yang percaya, dan Ia tidak lagi menging at dosa dan kesalahan. Jadi karena Kristus yang mau melakukan kehendak Allah, maka Allah mengadakan pengampunan dosa ganti segala korban dan persembahan. Kalau ada yang mudah mengapa cari yang susah?

Hanya dengan mengaku dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan kita menerima anugerah keselama tan, dan jika Allah sudah menyediakan pengampunan, mengapa kita mau susah-susah mempersembahkan korban karena dosa? “Sebab Allah itu setia dan adil sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan ketika kita mau mengaku dosa” (1 Yohanes 1:9).

Ketahuilah bahwa pada Tuhan ada kasih sayang dan keampunan bagi yang berdosa.

Artikel oleh: April 24, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda