Taat Kepada Kristus

Bacaan Alkitab: Ibrani 4: 14 – 5: 1 – 10

“Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya” (Ibrani 5 : 8)

 
Dalam Ibrani 5:9 mengatakan, “Dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya.”  Yesus telah memberi teladan yang luar biasa; IA taat sampai mati, bahkan mati di kayu salib. Setelah IA mencapai kesempurnaan, maka IA pun menjadi pokok keselamatan. Kata “pokok” di sini dalam bahasa aslinya ‘aítios’ yang bermakna “penulis” atau “penggubah”, atau juga berarti “sumber”, “penyebab”.

Setelah menang atas semua godaan dan menang atas maut, Yesus dapat menggarap orang percaya menjadi sempurna seperti diri-Nya. Tetapi ini hanya berlaku bagi mereka yang taat. Kata “taat” di sini adalah hypakúusin, yang juga bisa berarti “dengar-dengaran” (“mendengarkan dengan penuh perhatian”). Artinya jelas bahwa respons seseorang terhadap anugerah Tuhan itu sangat
penting. Orang yang memberi diri digarap oleh Yesus harus dengar-dengaran kepada-Nya, artinya dengan giat belajar segala sesuatu yang diajarkan-Nya.

Proses belajar ini tidak mudah, sebab akan merenggut seluruh kehidupan seseorang. Proses ini tidak bisa menjadi “proyek sambilan”. Ini akan menyita seluruh perhatian dan potensi kita. Semua yang ada pada kita harus dikorbankan dan dipertaruhkan. Tanpa kesediaan untuk melepaskan segala sesuatu, seseorang tidak pernah menjadi pribadi yang bertumbuh menjadi manusia Allah (Luk. 14:33). Itulah sebabnya Yesus menegaskan bagi orang yang mau mengikut Dia, “Hitunglah dahulu anggarannya” (Luk 14:28). Ini menunjukkan bahwa proyek itu mahal, tidak sembarangan.

Ini menunjukkan bahwa mengiring Tuhan itu berat, menuntut biaya yang sangat tinggi. Kalau kita berani membayar harganya, maka anugerah keselamatan menjadi lengkap dan utuh kita miliki. Kita akan menjadi anak Tuhan yang diubahkan secara luar biasa. Kita menjadi orang yang bermoral Tuhan, melayani Dia dengan segenap hati dan hidup dalam persekutuan dengan-Nya. Inilah tanda yang jelas bahwa kita akan menerima kemuliaan bersama Yesus.

Taatlah kepada Yesus sang Pokok Keselamatan abadi, dan sediakan diri kita diproses.

Artikel oleh: April 17, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Walter Hasugian - April 20, 2013

    Amin…… benar, betul dan tepat sekali itu saudara-saudaraku. Gbu

Tulis Komentar Anda