Pemimpin Yang Baik

Bacaan Alkitab: Yehezkiel 34

“Kamu adalah domba-dombaKu, domba gembalaan-Ku, dan Aku adalah Allahmu, demikianlah firman Tuhan Allah.”  (Yehezkiel 34:31)

good shepherd

Sungguh menyedihkan kepemimpinan yang ada di dalam umat Israel.  Para “gembala” hanya memperhatikan kepentingan diri mereka sendiri dari pada kepentingan umat Allah. Para “gembala” yang dimaksud adalah pemimpin-pemimpin Israel, yaitu raja, imam dan nabi yang pada masa itu diberi tugas dan tanggung jawab untuk memelihara dan melindungi “domba-domba” atau umat Israel itu sendiri.  Para gembala itu dipenuhi dengan keserakahan, korupsi dan mementingan diri sendiri.  Mereka lalai menuntun umat Allah sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah.

Dibandingkan dengan para “gembala” Israel masa lampau, maka tidak jarang pula para “gembala” masa kini memiliki sifat dan perangai yang sama seperti mereka.  Para “gembala” yang dimaksud adalah para pemimpin kita, baik sebagai pemimpin rohani maupun pemimpin sekuler.  Para pemimpin ini menjalankan pola kepemimpinan mereka dengan berpusat kepada diri sendiri, bukan lagi untuk kepentingan masyarakat atau jemaat, apalagi kepentingan Tuhan!  Mereka melupakan bahwa sesungguhnya jabatan mereka itu adalah titipan Tuhan untuk dilaksanakan sebaik mungkin bagi kemuliaan Tuhan.  Seharusnya, siapapun mereka, harus menyadari bahwa mereka adalah “tangan-tangan Allah” bagi dunia. Tetapi pada kenyataannya, mereka bukannya menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, sebaliknya menjadi pemimpin yang serakah, diktator dan egoism bahkan koruptor.  Sangat perlu para pemimpin seperti itu untuk mengambil langkah pertobatan!

Sebagai kontras dengan gembala-gembala yang jahat itu, maka Yehezkiel menubuatkan akan datang seorang gembala yang akan sungguh-sungguh memelihara umat-Nya. Mereka tidak akan di peras dan dimanfaatkan, melainkan akan menerima “hujan yang membawa berkat” (ay 26).  Dialah Gembala yang baik yang tidak menyayangkan diri-Nya sendiri untuk mati demi umat tebusan-Nya.  Dia pulalah yang akan memerintah sampai selama-lamanya dalam kerajaan-Nya yang tidak pernah berakhir dan tak berkesudahan.

Jika pemimpinmu mengecewakan hatimu, janganlah engkau hanyut dalam kekecewaan yang parah dan merusak pertumbuhan rohanimu, karena ada satu Gembala yang sungguh baik, namanya ialah: YESUS.

Artikel oleh: March 25, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Ezekiel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yehezkiel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda