Hidup Yang Benar

Bacaan Alkitab: Yehezkiel 10 – 11

“Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan, karena kelakuanmu tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku tidak kamu lakukan; bahkan engkau melakukan peraturan-peraturan bangsa-bangsa yang di sekitarmu”В  (Yehezkiel 11: 12).

false-prophets

Hukuman kepada para pemimpin Yehuda dijadikan contoh untuk segenap umat Israel yang tidak mau mendengarkan nubuatan Yehezkiel dan bertobat. Musibah beruntun datang karena rakyat tidak lagi hidup sebagai umat perjanjian. Menganggap diri sebagai bangsa yang istimewa kesayangan Tuhan, tapi tidak bersedia hidup sesuai kriteria yang Tuhan atur dan gariskan.

Umat yang masih tetap berada di Yerusalem merasa diri benar karena mendapatkan tanah-tanah yang ditinggalkan orang yang ditawan ke Babel. Padahal mereka ini yang dimaksud sebagai buah ara yang busuk dalam Yeremia 24. Yehezkiel bertugas memperingatkan mereka. Bila tidak mau bertobat dan berubah sikap mereka ini akan segera mendapat hukuman berat. Kepada yang bertobat Tuhan akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberi mereka hati yang taat, supaya mereka hidup menurut segala ketetapan dan peraturan Tuhan dengan setia; maka mereka akan menjadi umat Tuhan dan Tuhan akan menjadi Allah mereka (ay. 19 – 20).

Mari introspeksi diri kita dan kehidupan rohani kita. Adakah kita termasuk buah yang baik atau yang busuk? Adakah hidup Kristen kita bertumbuh dan berbuah? Sudahkah kita tampil beda dan berperan sebagai garam dan terang? Adakah kita mempengaruhi dunia ini atau terpengaruh oleh dunia ini?В  Adakah kita mengutamakan dan mengandalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan? Apa yang jadi prioritas kita? Kehendak Tuhan atau kehendak diri?В  Siapa yang paling kita takuti? Orang lain, hantu atau Tuhan? Bagaimana sikap kita dalam menghadapi masalah, godaan ataupun kesempatan? Kemana kita mencari dan mengharapkan pertolongan?

Kalau kita mengaku seorang Kristen, adakah orang lain bisa melihat Kristus hidup dan hadir dalam kehidupan kita?

Artikel oleh: March 13, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Ezekiel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yehezkiel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda