Buanglah Segala Dosa!

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 5: 1 – 13

“Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran” В  (1 Korintus 5 : 8).

spirituality 1

Dengan tegas dan keras Paulus mencela keadaan jemaat yang merasa baik-baik saja sekalipun terjadi dosa yang sangat memalukan ditengah jemaat, yakni dosa kenajisan dan percabulan. Paulus merasa aneh bahwa jemaat tidak merasa risih dengan dosa yang sedang berkembang ditengah mereka. Ibarat adonan yang akan khamir seluruhnya walau hanya sedikit ragi yang mengkhamirinya, demikianlah dosa yang dibiar kan terus terjadi ditengah mereka akan membuat jemaat terkena imbasnya. Hanya dengan membuang ragi yang lama maka bisa membuat adonan yang baru, demikianlah orang yang tidak mau bertobat dari dosa percabulan yang diperbuatnya harus diusir dari tengah jemaat supaya tidak mengkhamiri jemaat yang lain.

Selain itu jemaat juga harus berhati-hati dalam bergaul supaya mereka tetap terpelihara dengan baik. Dosa itu “hidup”, baik dalam suatu persekutuan maupun dalam kehidupan pribadi seorang. Dengan demikian jika suatu dosa terus dibiarkan, ia akan mempengaruhi yang lain, dan itu adalah keadaan yang membahayakan baik untuk sebuah persekutuan maupun untuk pribadi. Secara pribadi dosa dan kejahatan harus dibuang dari hati untuk seorang dapat menjadi ciptaan yang baru dalam Kristus.

Demikian pula halnya dalam persekutuan, kejahatan dan segala sesuatu yang tidak benar harus segera ditindak untuk membuat perse kutuan tersebut tetap sehat. Dengan cara demikian, maka pribadi dan persekutuan dapat berpesta dalam Tuhan dengan kemurnian dan dalam kebenaran.

Buanglah segala jenis dosa dalam hidup kita; jangan hanya dipelihara saja!

Artikel oleh: February 15, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda