Jangan Bangga Karena Jabatan!

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 4: 1 – 21

“Sebab, menurut pendapatku, Allah memberikan kepada kami, para rasul, tempat yang paling rendah, sama seperti orang-orang yang telah dijatuhi hukuman mati, sebab kami telah menjadi tontonan bagi dunia, bagi malaikat-malaikat dan bagi manusia”  (1 Korintus 4 : 9)

calling-the-fishermen

Paulus benar-benar mau menjadikan dirinya sendiri sebagai teladan bagi jemaat Korintus. Ia tidak segan-segan merendahkan dirinya supaya jemaat juga mau belajar untuk merendahkan diri. Paulus tidak memandang dengan jabatannya sebagai rasul membuat dia harus begitu rupa dihormati. Bahkan ia rela hidup dalam keadaan menderita untuk kepentingan jemaat. Ia rela kelihatan lemah, bodoh dan hina supaya jemaat kuat arif dan mulia. Sungguh pun dalam keadaan yang demikian, ia tetap memberkati ketika diperlakukan tidak adil.

Sebagai bapa bagi jemaat Korintus, ia rela mengalami semua itu. Paulus lakukan semua itu bukan karena jemaat Korintus adalah orang penting, tapi karena ia mau jemaat melihatnya dan menjadi malu dan mau belajar untuk merendahkan diri. Seorang hamba yang rendah hati akan merasa bahwa dalam jabatan yang di percayakan kepadanya ada tanggungjawab untuk menjadikan dirinya sebagai teladan bagi jemaat. Dia akan rela tidak menjadi apa-apa dengan semakin tingginya jabatannya. Dan jemaat yang rendah hati rela untuk mencontoh atau meneladani sikap hidup pemimpinnya, sekalipun dalam segala hal keadaannya lebih baik dari pemimpinnya.

Disini kita lihat bahwa jabatan bukan untuk kemegahan atau ajang pamer status, tapi untuk menjadikan seorang sebagai teladan bagi yang lain seperti padi yang semakin berisi akan semakin merunduk. Jadi, tidaklah bijak bila jabatan yang kita miliki—jabatan dalam hal apun itu, kemudian menjadi “alat” yang kita gunakan untuk kesombongan atau untuk menekan orang lain.

Jangan bangga karena Anda memiliki jabatan, tapi banggalah karena Anda layak dipakai oleh Tuhan!

Artikel oleh: February 14, 2013   Kategori : Biblical Devotion from 1 Corinthians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Korintus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda