Tuhan Sumber Sukacita

Bacaan Alkitab: Mazmur 117 – 118

“Lebih baik berlindung pada Tuhan dari pada percaya kepada manusia. Lebih baik berlindung pada Tuhan dari pada percaya kepada para bangsawan”. (Maz 118: 8-9)

 

Mazmur terpendek adalah Mazmur 117 yang hanya memuat dua ayat. Tetapi Mazmur ini menjadi sangat bernilai bagi seluruh umat Tuhan  karena di dalam Mazmur terpendek ini terdapat satu kebenaran penting bahwa Perjanjian Lama menawarkan keselamatan Allah kepada semua bangsa di dunia. “Pujilah Tuhan, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa! Sebab kasih-Nya hebat atas kita, dan kesetiaan Tuhan untuk selama-lamanya”. Ini merupakan mazmur pujian yang sering dinyanyikan dalam setiap ibadah Kristen sekarang ini. Merupakan mazmur yang mengungkapkan tentang kasih dan kesetiaan Allah terhadap semua bangsa. Bahwa semua bangsa di bumi ini berhak untuk menerima dan mengalami keselamatan dari Allah.  Keselamatan bukan hanya milik suku bangsa tertentu, tetapi milik setiap orang tanpa pandang suku atau bangsa manapun.  Yang penting adalah percaya dan mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi; meninggikan Dia dalam segala hal, dan senantiasa memuji serta memuliakan namaNya. Suku atau bangsa manapun yang melakukan hal itu, pastilah keselamatan menjadi miliknya.

Mazmur 118 merupakan mazmur nyanyian syukur juga.  Mazmur ini memuji Tuhan karena alasan yang sama seperti mazmur sebelumnya yaitu karena kasih setia Tuhan yang abadi atas umat-Nya.  Kasih setia Tuhan itu “untuk selama-lamanya”, abadi—berlangsung terus menerus tanpa henti dan tak berkesudahan kepada mereka yang hidup sesuai kehendak dan rencana Allah.  Kasih setia Allah yang abadi itulah yang menjadi penekanan dalam mazmur ini.  Menyadari akan kasih setia Allah itu, maka dalam kesukaran dan kesesakan pun si pemazmur selalu datang kepada Tuhan dan berseru memohon pertolongan-Nya. Ia meyakini bahwa Tuhan itu pasti mendengar doanya dan berpihak padanya.

Bersyukurlah kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Sebab kasih setia-Nya itu hebat atas kita. Dialah yang menjadi sumber kekuatan kita setiap saat sehingga kita tidak berlarut-larut dalam kekuatiran diakibatkan oleh kesusahan hidup ini.

Yesus akan memampukan kita tersenyum walaupun dalam situasi sulit karena sumber sukacita itu adalah diri-Nya.

Artikel oleh: November 17, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda