Kebaikan Tuhan

Bacaan Alkitab: Mazmur 116

Aku akan mempersembahkan korban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama-Mu”. ( Maz 116 : 17 )

Allah itu pengasih, penyayang dan adil kepada semua ciptaaan-Nya. Allah selalu menyatakan kebaikan-Nya dalam kehidupan manusia, terutama kepada mereka yang mengasihi Tuhan dan yang selalu berseru kepada Allah didalam doa. Seperti yang dialami oleh pemazmur, dimana  keluputan ia peroleh dari Tuhan. Tuhan menyelamatkan nyawanya dari maut karena kasih setia Tuhan. Itulah sebabnya ia merasa tenang dalam naungan Tuhan yang telah berbuat banyak kebaikan kepadanya (ay 7).  Kemudian ia bertanya kepada dirinya sendiri, ‘bagaimana akan kubalas kebaikan Tuhan?’ (ay 12).

Pemazmur sangat mensyukuri apa yang telah Allah perbuat bagi dirinya sehingga ia tidak lupa untuk berterimakasih kepada Tuhan. Apa yang dilakukan oleh pemazmur sebagai tanda terimakasihnya kepada Tuhan? Ia mengangkat piala keselamatan; Ia berjanji untuk menaikkan seruan kepada Tuhan. “Menyerukan nama Tuhan” berarti dua hal yaitu berdoa dan meninggikan nama Tuhan sebagai kesaksiannya akan kebaikan Tuhan; ia membayar nazar kepada Tuhan dan mempersembahkan korban syukur kepada Tuhan.

Hal ini menjadi suatu pelajaran rohani yang sangat baik bagi kita orang percaya bahwa di dalam keadaan yang sulit sekalipun, kita harus tetap percaya kepada Tuhan dan meningkatkan frekwensi doa kita.  Ada banyak orang Kristen ketika menghadapi problema yang sulit dan rumit, bukannya datang kepada Tuhan melainkan beralih haluan dengan mencari jalan keluar yang salah dengan menuruti kata hati mereka semata.  Walaupun kata hati mereka bertentangan dengan Firman Tuhan, tetapi karena mereka mau cepat-cepat terbebas dari beban berat yang membelenggu hidup mereka, maka mereka tidak peduli lagi dengan apa kata Tuhan dalam Firman-Nya. Akibatnya, mereka tertipu oleh jalan keluar yang palsu, bahkan mereka semakin terperosok dalam lembah dosa karena jalan yang mereka tempuh salah dan berlawanan dengan jalan Allah.  Satu hal yang tak kalah penting adalah ketika kita mengalami kebaikan Tuhan dalam hidup ini, jangan lupa untuk berterimakasih kepada Tuhan. Rasa syukur atau ucapan terimakasih seharusnya mengalir dari hati setiap orang yang telah mengalami keselamatan dari Tuhan sehingga mereka akan mengungkapkannya dengan kasih, kesetiaan dan ketaatan kepada Firman.

Kebaikan Tuhan harus diresponi oleh umat Tuhan yang menerimanya melalui pujian dan ucapan syukur.

Artikel oleh: November 16, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Nona Eka - November 16, 2012

    Melihat KUASA ALLAH dinyatakan secara luar biasa ketika kita memiliki paradigma bahwa KUASA ALLAH lebih besar dari setiap persoalan yang TUHAN izinkan kita hadapi dan semua itu adalah bukti kebaikan TUHAN terhadap umat-NYA.

Tulis Komentar Anda