Lakukan FirmanNya

Bacaan Alkitab: Yosua 23

“Sebab jika kamu berbalik dan berpaut kepada sisa bangsa-bangsa ini yang masih tinggal di antara kamu, kawin-mengawin dengan mereka serta bergaul dengan mereka dan mereka dengan kamu, maka ketahuilah dengan sesungguhnya, bahwa TUHAN, Allahmu, tidak akan menghalau lagi bangsa-bangsa itu dari depanmu. Tetapi mereka akan menjadi perangkap dan jerat bagimu, menjadi cambuk pada lambungmu dan duri di matamu, sampai kamu binasa dari tanah yang baik ini, yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu” (Yosua 23 : 12—13)

Tuhan tidak akan menyertai bila bangsa Israel berpaling dari Tuhan Allah, lebih mendukakan lagi bangsa ini hidup menyembah ilah lain. Kemiskinan terjadi akibat dari perbuatan jahat bangsa Midian, di satu sisi Ia tidak ingin bangsa-Nya kekurangan apalagi hidup miskin. Rancangan Tuhan adalah rancangan hari depan bahagia, hari yang penuh harapan (Yer. 29:11).

Bila mendengar baik-baik perintah-Nya dan melakukannya dengan setia maka segala berkat-Nya akan tercurah (Ul 28:1), itu adalah Janji-Nya. Ia akan membuat bangsa pilihan-Nya menjadi bangsa yang lebih unggul dibanding dengan bangsa lain. Tapi mengapa jadi melarat? Jawabnya, karena tindakan bangsa ini sendiri. Mereka tidak mendengar dengan baik suara-Nya, dan tidak melakukannya dengan setia.

Supaya jaminan keberhasilan itu ada, maka miliki sikap mendengar yang baik, dan lakukan perintah-Nya dengan setia. Tapi bila ada yang jahat di hadapan Tuhan, maka ketidakberhasilan dalam hidup akan mudah dijumpai. Itu berarti bahwa, sebagai orang percaya, kita harus tetap menjaga hati dan kehidupan kita ini terpelihara dalam terang firman-Nya; menjaga langkah hidup kita supaya tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri, tapi dengan pertolongan Tuhan, hidup kita senantiasa berpaut pada Tuhan.

Ingin berhasil? Taati dan lakukan firman-Nya dengan benar dan penuh kesungguhan hati!

Artikel oleh: November 6, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Joshua (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yosua)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda