Tetap Beriman!

Bacaan Alkitab: Yosua 2

“Tuhan telah menyerahkan seluruh negri ini ke dalam tangan kita, bahkan seluruh negeri ini ke dalam tangan kita…” (Yosua 2:24)

Lifter atau atlit angkat berat Indonesia yakni Triyatno dan Eko Yuliawan meraih medali perak dan perunggu di Olimpiade London 2012. Mereka menyatakan senang telah mempersembahkan medali perak untuk Indonesia dan tentunya masyarakat Indonesia juga bangga dengan hasil yang mereka capai di olimpiade.  Pada masa persiapan Eko menghadapi cidera keretakan tulang kering di kaki 0,5 cm, namun syukurlah ternyata bisa memberikan hasil terbaik dengan medali perunggu.  Triyatno dan Eko dan melakukan pelatihan dua bulan di Jakarta dan bahkan kamp pelatihan di Korea Selatan selama dua Minggu.  Dengan latihan yang keras dan disiplin yang tinggi, maka pada akhirnya mereka mendapat hasil yang membanggakan.

Perjalanan bangsa Israel menuju negeri Perjanjian perlu dilalui dengan rintangan dan usaha yang keras seperti halnya Triyatno dan Eko dengan usaha kerasnya berhasil mencapai hasil terbaik.  Dan Yosua yakin akan berhasil berjalan bersama Tuhan.  Ketika dua pengintai memasuki negeri Kanaan mereka dilindungi oleh Rahab, dan Rahab gentar akan ke Mahakuasaan Allah bangsa Israel (Yosua 2:10-11). Dalam perjalanan kita sebagai orang percaya kita tidak perlu gentar seolah-olah Allah tidak berdaya. Dia sungguh besar, Allah kita sebagai orang percaya adalah Allah yang besar. Dia mampu menolong kita menghadapi masalah yang sangat besar.

Ketika Rahab menolong ke dua pengintai bangsa Israel, sebagai langkah awal untuk menduduki Kanaan yang sudah direncanakan Tuhan, Rahab sungguh-sungguh telah melaksanakan kehendak Tuhan. Tuhan melindungi Rahab karena dia telah melaksanakan kehendak Tuhan. Dan dia disebut sebagai salah satu tokoh orang beriman dalam  Ibrani 11:31 dan dia dibenarkan oleh Tuhan karena imannya.

Jika kita ingin hidup kita diberkati Tuhan, maka laksanakan kehendak-Nya dengan yakin dan tidak menyerah; seperti juga Yosua yang dengan yakin ketika menerima laporan ke dua pengintai bahwa Tuhan telah menyerahkan negeri Kanaan untuk bangsa Israel (ay. 24).

Bersama dengan Tuhan kita bisa melakukan perkara yang besar untuk kemuliaan nama-Nya.

Artikel oleh: October 12, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Joshua (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yosua)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda