Selalu Berbuat Baik

Bacaan Alkitab: 2 Tesalonika 1: 1 – 12

“Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita mengganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu” (2 Tesalonika 1 : 11).

 

Ketabahan dan kesuciaan hidup orang Tesalonika mendatangkan sukacita bagi Paulus dan kawannya untuk mengucap syukur kepada Allah. Iman dan kasih jemaat di Tesalonika bertumbuh dengan pesat karena iman mereka telah dijawab oleh Tuhan Yesus. Iman mereka bertumbuh karena mereka percaya tentang Firman Tuhan yang disampaikan oleh Paulus. Iman orang Tesalonika tidak luntur di dalam penganiayaan dan penindasan. Sekalipun orang Yahudi dan orang Yunani mencoba untuk memalingkan mereka dari iman mereka yang sejati kepada Kristus, mereka tetap tabah dan iman mereka tetap teguh. Pembelaan dan keadilan Allah dinyatakan atas mereka. Paulus berdoa supaya kekuatan Allah nyata dalam setiap perbuatan baik yang mereka lakukan bahkan menyempurnakannya. Paulus memakai mereka untuk menjadi teladan bagi jemaat-jemaat lain.

Iman yang sehat dan benar itu kuat, dan kekuatannya nyata dalam kesusahan. Kesusahan-kesusahan yang menimpa kita bukan suatu tanda bahwa Allah meninggalkan kita, melainkan suatu bukti bahwa Allah menyertai dan menguatkan kita.  Dalam kesusahan dan dalam penderitaan, kasih karunia, kekuatan dan kuasa-Nya akan lebih nyata daripada dalam waktu senang manakala kita lebih percaya kepada kekuatan Tuhan dari pada diri sendiri. Tetap beriman dan berharap kepada Tuhan dalam segala kesusahan akan memperkaya kehidupan rohani kita.

Kesusahan dan penderitaan bukan alasan untuk kita tidak berbuat baik, tetap lakukan pekerjaan iman kita dan Allah akan melakukan bagian-Nya untuk menyempurnakannya. Seperti yang tertulis dalam 1 Petrus 4:19 : “Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak  Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia”.

Dalam keadaan apapun, tetaplah bertekun dalam iman kita dan senantiasa berbuat baik!

Artikel oleh: September 29, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 2 Thessalonians (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Tesalonika)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda