Kekuatan Firman-Nya

Bacaan Alkitab: Daniel 11

“Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak” (Daniel 11 : 32)

Walaupun penafsiran nubuat seringkali sulit dan menimbulkan kontroversi (pertentangan), tidak dapat disangkal bahwa penggenapan nubuat kitab Daniel amat nyata. Yang menjadi masalah mendasar adalah apakah kita percaya bahwa Allah menguasai masa depan atau tidak.

Dalam 11:2, dinubuatkan tentang akan munculnya tiga raja Persia yang akan disusul oleh raja keempat yang amat kaya. Ketiga raja tersebut adalah Raja Kambises (530-522 BC), Raja Smerdis (В± 522 BC), dan Raja Darius Histapes (В± 522-486 BC); sedangkan raja yang kempat adalah Raja Ahasyweros yang disebut juga sebagai Raja Xerxes (486-465 BC). Raja Darius Histapes pernah menyerang Kerajaan Yunani, tetapi dia dikalahkan dan dipermalukan. Raja Ahasyweros membalas kekalahan ayahnya itu dan memakai kekayaannya untuk memotivasi rakyatnya melakukan pembalasan dan menahan perkembangan Kerajaan Yunani.В  Permusuhan antara Kerajaan Persia dengan Kerajaan Yunani ini berlangsung terus-menerus selama beberapa generasi sampai akhirnya dari Kerajaan Yunani muncul Raja Aleksander Agung (В± 336-323 BC) yang amat pandai berperang dan berhasil menaklukkan Kerajaan Persia (menggenapi 11:3).

Sesuai dengan 11:4, Raja Aleksander Agung hanya berkuasa dalam waktu singkat karena ia wafat pada usia muda (33 tahun). Kerajaan Yunani terpecah menjadi empat di bawah kepemimpinan keempat jenderalnya, yaitu Kasander di bagian Barat, Lysimakhus di bagian Utara, Seleukus di bagian Timur dan Ptolomeus di bagian Selatan.

Penjelasan singkat (yang masih belum lengkap) di atas seharusnya cukup untuk membangun keyakinan bahwa semua yang dikatakan Alkitab itu benar dan bahwa semua nubuat akan digenapi. Dan bahwa orang percaya akan tetap dilindungi dan dilimpahi Tuhan dengan kekuatan kuasaNya.В  Jadi, jangan pernah meragukan isi Alkitab!В  Jangan pernah sangsikan Firman Tuhan!В  Sebab semua yang tertulis adalah wahyu atau ilham Roh Kudus sebagai penuntun dan penerang bagi jalan hidup kita.

Firman Allah layak menjadi sandaran kita.

Artikel oleh: September 18, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Daniel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Daniel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda