Berdoa Dan Bekerja

Bacaan Alkitab: Nehemia 4

“Tetapi kami berdoa kepada Allah kami, dan mengadakan penjagaan terhadap mereka siang dan malam karena sikap mereka” (Nehemia 4 : 9)

Menurut Saudara, mana yang lebih penting; berdoa atau bekerja? Ada yang berkata bahwa berdoa lebih penting, sebab tanpa berdoa kita tidak bisa melakukan apa- apa, namun ada juga yang mempertanyakan, buat apa banyak berdoa, tetapi tidak bekerja ?

Kedua hal ini tak perlu diadu tingkat kepentingannya.В  Mari simak apa yang Nehemia lakukan.В  Saat menghadapi tantangan dan ancaman dari Sanbalat dan Tobia, Nehemia menaikkan doa kepada Tuhan agar rencana musuhnya digagalkan.В  Namun, Nehemia juga menyuruh orang-orangnya agar tetap berjaga-jaga supaya dapat mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada serangan musuh yang terjadi di luar perkiraan.

Dari kisah Nehemia kita belajar bahwa doa adalah hal yang sangat penting, tetapi bekerja juga hal yang tidak kalah penting. Dalam film Facing The Giants, seorang pendeta bertutur kepada sang pelatih futball tentang dua petani yang sama-sama berdoa meminta hujan kepada Tuhan. Petani yang pertama hanya berdoa, tetapi ia tidak mempersiapkan ladangnya untuk menerima hujan. Sedangkan petani yang kedua bukan hanya berdoa, tetapi juga mempersiapkan ladangnya. Jika kemudian Tuhan memilih; kepada petani mana Tuhan akan menurunkan hujan? Tentu yang kedua, karena dengan mempersiapkan ladang, ia beriman bahwa doanya akan dikabulkan oleh Tuhan.

Dewasa ini, ketika menghadapi rintangan dalam hidup ini, mari kita datang kepada Tuhan. Sampaikan segala keluh kesah kita kepada-Nya, dan percayalah bahwa Tuhan pasti akan menolong. Namun sementara itu, kita pun harus waspada dan memikirkan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Tak hanya berdoa, kita harus bekerja juga.В  Sebagai orang yang percaya, kita harus tahu dan menyadari bahwa berdoa dan bekerja merupakan sesuatu yang harus dilakukan berbarengan atau dengan kata lain bersama- sama.

Dalam hidup orang percaya, berdoa dan bekerja adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Artikel oleh: August 28, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Nehemiah (Renungan Alkitabiah dari Kitab Nehemia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda