Rekan Pelayanan

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 4: 14 – 22

“Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku…” (2 Timotius 4 : 16)

Setiap orang percaya dipanggil untuk melayani.  Dalam pelayanan, Tuhan memberikan kepada kita rekan-rekan sepelayanan.

Beberapa sikap yang benar terhadap rekan-rekan sepelayanan adalah sebagai berikut:

  1. Ada orang lain yang dipakai Tuhan untuk menolong kita – kita harus mau menerima rekan sepelayanan yang berbeda dari kita. Perbedaan itu cukup luas: karakter, temperamen, kepribadian, dan sebagainya. Perbedaan bukan bencana melainkan berkat Tuhan di mana kita dapat saling melengkapi satu terhadap yang lain. Jadi, jika ada rekan seiman yang berbeda karakter, pendapat ataupun pandangan dengan kita, terimalah dia sebagai seorang saudara.
  2. Siap menjadi orang yang dilupakan – dalam perikop ini ada orang-orang yang namanya hanya sekali disebutkan dalam Alkitab. namun nama mereka tentu tercatat dalam Kitab Kehidupan di Kerajaan Sorga, sekalipun tidak diingat orang saat melayani di muka bumi ini. Jangan sakit hati bila orang lain tidak mengingat kebaikan kita karena tujuan kita berbuat baik bukan karena dipuji manusia, namun kasih kita mengasihi Tuhan dan mau menerapkan firman-Nya.
  3. Mensyukuri bakat dan kemampuan yang diberikan Tuhan – kita harus focus pada bakat, kemampuan, dan talenta atau karunia roh yang Tuhan berikan kepada kita. Dalam mengobarkan karunia itu masih dibutuhkan setidaknya 13 pilihan sebagaimana diungkapkan oleh John C. Maxwell dalam bukunya Talent Is Never Enough.
  4. Mau memprioritaskan kehendak Tuhan – memang tidak mudah mengambil keputusan antara menunggui Trofimus yang sakit atau meninggalkannya karena pemberitaan Injil (ay. 20). Namun kalau kita mengerti prioritas maka kita dapat memaksimalkan pelayanan kita.

Rekan sepelayanan ditempatkan Tuhan disekeliling kita supaya kita bisa mengerjakan pelayanan bersama-sama dengan penuh kasih dan saling membantu.

Artikel oleh: August 8, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 2 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda