Ibadah Yang Berbobot

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 3: 1 – 9

“Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya.
Jauhilah mereka itu” (2 Timotius 3 : 5)

Kebobrokan manusia bukan hanya terjadi di masa sekarang ini, sejak zaman Timotius melayanipun hal itu sudah ada.В  Tidak kurang dari delapan belas macam dosa dan kejahatan yang Paulus tuliskan sedang membelenggu dan menguasai hidup manusia. Sungguh suatu keadaan yang mengerikan jika sampai hal-hal tersebut ada pada satu pribadi, dia akan tampil menjadi seorang yang benar-benar jahat, tidak memiliki hati nurani.

Kesukaran yang timbul adalah akibat dari manusia sendiri yang mau diperhamba oleh bermacam-macam dosa tersebut. Mungkin mereka beribadah, tapi ibadah yang dilakukan tidak lebih dari sekedar topeng identitas agama, mereka sesungguhnya sedang memungkiri kekuatannya. Nasehat Paulus dalam menghadapi orang yang mengaku diri beribadah tapi juga terus melakukan dosa dan kejahatan adalah, jaga diri, dan jikalau perlu jauhi mereka.

Ibadah adalah wujud pengakuan kita akan Allah dan bahwa kita mutlak membutuhkan Dia. Dan ibadah akan memiliki bobot manakala setiap orang yang melakukannya dan berani menyebut nama Tuhan juga mau meninggalkan kejahatan. Maka, bila ada orang yang mengaku diri beribadah tapi juga terus melakukan dosa dan kejahatan, pada dasarnya mereka telah menghina dan menduakan Allah. Ibadah orang percaya mengandung rahasia besar, maka tidak boleh dipermain-mainkan.

Maka jika kita mau beribadah kepada Allah, marilah kita juga mengakui kekudusan-Nya dan tunduk pada kehendak-Nya serta menempatkan Dia benar-benar sebagai Tuan kita. Hal tersebut diperbuat oleh Yakobus, bahwa ibadah itu memerlukan pengekangan lidah dan penguasaan diri, maka jika kita mengaku beribadah tapi tetap hidup menurut hawa nafsu, sia-sialah ibadah kita (Yakobus 1:26).

Dalam hidup keseharian, berperilakulah yang baik dan benar, supaya ibadahmu tidak menjadi sia-sia.

Artikel oleh: August 2, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 2 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda