Perbuatlah Yang Baik!

Bacaan Alkitab: 1 Timotius 5: 1 – 16

“Peringatkanlah hal-hal ini juga kepada janda-janda itu agar mereka hidup dengan tidak bercela”. (1 Tim. 5 : 7)

Ada beberapa peraturan umum dalam gereja yang disampaikan oleh Rasul Paulus kepada Timotius yang merupakan kebenaran yang masih tetap relevan sampai saat ini, bahkan harus terus dijaga dan dilestarikan dalam kehidupan gereja Tuhan sekarang ini.

Secara ringkas, pedoman pelayanan tersebut, yaitu:

1). Bagaimana membangun hubungan yang baik dengan sesama (ay 1-2)    .

  • Hubungan dengan orang yang tua—harus dihormati atau diperlakukan sebagai bapa ataupun ibu.
  • Hubungan dengan sesama orang muda—jalin hubungan sebagai saudara.
  • Hubungan dengan yang lebih muda—cintailah seperti adik sendiri.

2). Bagaimana memperlakukan atau merawat janda-janda sesuai Firman Tuhan (ay 3-16). Gereja mula-mula mewarisi tradisi yang baik dalam hal memberi sumbangan kepada mereka yang berkekurangan dan yang lanjut usia. Dan pokok penting yang dibicarakan Paulus adalah mengenai janda-janda dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Haruslah seorang janda yang kehidupannya suci.
  • Seorang janda yang hidupnya sebatangkara, artinya: tidak punya siapa-siapa.  Janda yang mempunyai anak, seharusnyalah dirawat oleh anaknya.  Karena hal itulah yang ber-kenan dihadapan Allah (ay 4).  Orang percaya yang tidak mempedulikan keluarganya, berarti menyangkal iman dan ibadahnya kepada Allah, bahkan lebih jahat dari pada orang yang tidak beriman.
  • Janda yang usianya tidak kurang dari 60 tahun.  Karena janda yang masih muda, pasti akan berniat untuk menikah lagi.  Paulus menyarankan agar janda-janda muda untuk bisa menikah lagi serta membangun keluarga yang baik (ay 14).

3). Jemaat harus menghormati pemimpin rohani yang dipercayakan Tuhan dalam gereja-Nya (ay 17-25). Yaitu pemimpin yang melayani dengan baik dan bertanggungjawab, yang mengajarkan Firman sesuai dengan kebenaran yang sejati dan alkitabiah.

Siapa yang ingin mendapat kemurahan pada waktu kesukaran, haruslah bermurah hati ketika ia dalam keberuntungan.

Artikel oleh: July 24, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 1 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda