Pahlawan Bangsa

Bacaan Alkitab: Ester 8: 1 – 17

“Kemudian Ester berkata lagi kepada raja sambil sujud pada kakinya dan menangis memohon karunianya….” (Ester 8 : 3)

Dalam kisah ini kita belajar bahwa kaum perempuan tak bisa dipandang enteng untuk suatu tugas besar atau tugas Negara.  Walaupun Ester orang Yahudi yang hanyalah pengungsi yang lemah, namun ditangan Tuhan dapat berubah menjadi seorang pahlawan yang gagah perkasa.

Suatu keputusan yang sulit yang sebenarnya sulit dilakukan oleh sosok se usia Ester yang masih muda, namun ia melakukannya dengan berani karena kecintaannya kepada bangsanya. Sikap Ester seperti itu perlu diteladani oleh umat Tuhan masa kini.  Apakah kita mau berkorban dan berani bersikap dengan benar demi keselamatan bangsa kita, keluarga kita atau komunitas kita, ataukah kita hanya berdiam diri?

Tuhan memakai Ester untuk menyelamatkan bangsa Yahudi dari pemusnahan di Negri Persia.  Dia hanya seorang ratu yang masih muda belia; belum berpengalaman dalam menjalankan tugas awal seorang ratu, namun kecerdasannya, inner beauty-nya, kebiasaannya hormat dan taat kepada orangtuanya yakni pamannya Mordekhai yang merawatnya, itulah yang menjadi modal utamanya. Bahkan dia siap mengorbankan dirinya seandainya gagal (4:16).  Ester sangat siap dan memiliki iman yang teguh kepada Allah, sehingga ia membuat keputusan yang beresiko seperti itu.

Kebenaran selalu dinyatakan oleh Tuhan sesuai kerelaan-Nya, bekerja sama dengan orang yang merespon dengan ketaatan total.  Filipi 2:12 “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, 2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya?  Pembebasan Israel terjadi adalah akibat tindakan Allah bersama dengan orang-orang percaya yg setia yang mau berkorban bagi bangsanya dan mau menggantungkan harapan dan iman yang kuat kepada Tuhan, sehingga mujizat terjadi.

Jadilah pahlawan bangsa masa kini, dengan membela yang benar dan tidak berkompromi dengan kejahatan!

Artikel oleh: July 3, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Esther (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ester)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda