Berbuat Yang Benar

Bacaan Alkitab: Ester 2: 19 – 23

“Tetapi perkara itu dapat diketahui oleh Mordekhai, lalu dibertahukannyalah kepada Ester, sang ratu”….” (Ester 2 : 22)

 

Bacaan Firman Tuhan hari ini memberitahu kita bagaimana Mordekhai menggagalkan rencana busuk dua orang sida-sida raja, yaitu Bigtan dan Teresh. Rasa sakit hati yang dialami Bigtan dan Teresh telah membawa mereka ke dalam rencana ingin membunuh raja Ahasyweros. Namun Mordekhai yang mendengar niat buruk mereka, segera mengungkapkannya kepada raja melalui Ester.

Mordekhai telah mengambil keputusan yang tepat yaitu menggagalkan rencana jahat tersebut, walaupun ada banyak konsekuensi yang akan ia terima seandainya raja tidak mengindahkan laporannya tersebut. Mordekhai tidak menutupi dosa yang dibuat oleh Bigtan dan Teresh. Buah sakit hati yang dituai kedua sida-sida raja itupun merugikan diri mereka sendiri, yaitu mereka mati digantung pada tiang.

Mordekhai pun adalah seorang yang takut kepada Tuhan. Hal itu dibuktikannya melalui cara hidupnya yaitu senang untuk berbuat baik dan tidak mau berkompromi dengan dosa.В  Mordekhai tidak segan-segan untuk membeberkan niat jahat dari Bigtan dan Teresh, walaupun hal itu hanya dia sampaikan kepada Ester, karena Mordekhai tidak mungkin punya kesempatan untuk menghadap langsung kepada raja.

Kita adalah anak Allah maka sudah sepatutnyalah kita bertindak seperti apa yang Mordekhai lakukan, yakni: jangan menutupi dosa yang sedang terjadi.В  Bukanlah langkah yang bijak jika kita mengetahui suatu kesalahan atau pelanggaran yang diperbuat oleh teman atau sesama kita namun kita hanya membiarkannya. Apalagi jika kita kompromi dengan kejahatan. Allah sama sekali tidak suka terhadap mereka yang kompromi dengan kejahatan.В  Marilah kita berbuat kebaikan dan menelanjangi kejahatan, apapun resikonya.В  Namun yang pasti bahwa, pada akhirnya orang-orang yang membela kebenaran, berbuat yang benar dan membenci kejahatan akan menerima upah yang baik dari Tuhan.

Tetaplah berbuat baik dan janganlah kalah terhadap kejahatan!

Artikel oleh: June 25, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Esther (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ester)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda