Indah Pada Waktunya

Bacaan Alkitab: Rut 4: 7 – 12

“Biarlah engkau menjadi makmur di Efrata dan biarlah namamu termasyhur di Betlehem”
(Rut 4 : 11c)

Kesediaan Boas untuk menjadi seorang penebus merupakan sesuatu yang indah yang Tuhan kerjakan pada waktu-Nya. Kebahagiaan Naomi membuat perempuan-perempuan tetangga Naomi memuji Tuhan dan ikut berbahagia melihat apa yang Tuhan kerjakan kepada keluarganya.

Drama empat babak dari kitab Rut ditutup dengan latar sebuah permusyawaratan di pintu gerbang. Pada masa itu, pintu gerbang adalah tempat bagi para pria untuk bertukar pikiran, baik untuk membicarakan berbagai hal (termasuk politik dan ekonomi), menyelesaikan masalah, atau sekedar berbincang-bincang. Boas datang ke sana dan memanggil beberapa saksi untuk memutuskan masalah penebus bagi keluarga Naomi. Kata “kebetulan” (4:1) merupakan campur tangan Allah dalam memberi pertolongan.

Boas memakai alasan penjualan tanah oleh Naomi sebagai alasan diplomatis yang bijak dan santun. Ia tidak langsung menunjukkan maksudnya untuk menikahi Rut. Kerabat lain tersebut melepaskan hak untuk menebus kepada Boas setelah tahu bahwa ia harus menanggung Naomi dan menikahi Rut. Akhirnya, Boas menebus tanah milik Elimelekh beserta semua isinya, termasuk Rut yang kemudian menjadi istrinya. Dari Rut, Boas mendapat anak laki-laki yang diberi nama Obed. Dari Obed lahir seorang raja besar bagi Israel, yaitu Daud (4:18-22).

Seluruh proses yang membuat Boas bisa menikahi Rut dan melahirkan seorang leluhur bagi Yesus Kristus menunjukkan bahwa Tuhan sanggup menjadikan segala sesuatu indah pada waktu-Nya, asalkan kita tetap taat melakukan bagian kita.
Apakah Anda sedang menghadapi masalah besar?   Jangan ragukan janji Tuhan sekalipun dengan mata jasmani kita melihat seakan tiada harapan; sebab percayalah bahwa pada akhirnya, Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.

Tetaplah percaya dan serahkanlah semua masalah Anda kepada Allah, maka Tuhan akan menjadikan segala sesuatu indah pada waktu-Nya.

Artikel oleh: June 19, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ruth (Renungan Alkitabiah dari Kitab Rut)  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Will - June 19, 2012

    waktu selalu menjadi penentu yang mendebarkan hati, karena kita tidak selalu tahu kapan waktunya, tetapi waktu-Nya selalu tepat dan indah.

Tulis Komentar Anda