Saling Membantu Dalam Keluarga

Bacaan Alkitab: Rut 4: 1 – 6

“Pada waktu engkau membeli tanah itu dari tangan Naomi, engkau memperoleh Rut juga,В perempuan Moab, istri orang yang telah mati itu…” (Rut 4 : 5)

Boas menjelaskan duduk perkara keluarga Elimelekh dengan gamblang. Tidak ada rekayasa. Tidak ada niat jahat sedikitpun. Bukan soal harta benda milik Elimelekh, tetapi nasib dan masa depan dari Rut. Boas berbicara apa adanya dan memberi kesempatan bagi yang berhak untuk bersikap. Informasi lengkap menolong seseorang mengambil keputusan tepat sehingga tidak ada yang dirugikan dan dipermalukan.

Biasanya urusan pembagian harta warisan sering berujung pada konflik antar keluarga. Ada informasi yang disembunyikan bahkan direkayasa sehingga persoalan keluarga menjadi persoalan hukum pidana yang lalu diselesaikan di pengadilan. Tragis bahwa karena pembagian warisan, mengakibatkan hubungan keluarga menjadi rusak. Tanpa dukungan tulus dari semua anggota, keluarga sendiri dapat tercerai-berai dan dipenuhi dengan roh dendam dan sakit hati.

Maju mundur sebuah keluarga terletak pada dukungan semua pihak. Kejujuran dan ketulusan, sangat dibutuhkan sehingga keluarga menjadi tempat aman untuk berbagi cerita suka dan duka. Mengapa begitu? Sebab seseorang menjadi bagian keluarga, karena dia bersedia memikul beban bersama di saat datang kesusahan dan turut bergembira ketika yang lain meraih prestasi puncak. Pahit manis kehidupan dinikmati bersama kaum keluarga.

Jadi jika ada anggota keluarga memerlukan dukungan, kiranya tidak perlu sungkan berterus terang. Janji tanpa bukti hanya memperlihatkan ketidakmampuan keluarga menolong dirinya sendiri. Jika demikian, berilah pihak lain untuk membantu kebutuhannya. Memang dukungan tulus berarti kesediaan berbagi tanpa pamrih. Sayang terhadap keluarga, membutuhkan pengorbanan yang tidak kecil dan itu wajib dilakukan oleh mereka yang memiliki kasih Yesus dalam hidupnya.

Perhatikanlah keluarga Anda dan bantulah dengan tulus, dilandari kasih yang tanpa pamrih.

Artikel oleh: June 18, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ruth (Renungan Alkitabiah dari Kitab Rut)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda