Alat Pilihan Tuhan

Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 27 – 28

“Dengan terus-terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar  tentang Tuhan Yesus Kristus”. (Kisah Para Rasul 28 : 31)

R. Dixon menjelaskan, “Pada akhir pasal 21 Paulus ditahan oleh serdadu-serdadu Roma itu agar ia dapat diamankan dari tangan orang Yahudi.  Dari situ sampai akhir Kisah Para Rasul ini Paulus tetap berada dalam tahanan.  Diduga bahwa peristiwa dalam fasal 21  terjadi kira-kira pada permulaan tahun 57 Masehi.

Pada akhir pasal 28, Paulus sudah tiba di Roma dan berada di situ selama 2 tahun.  Maka Kisah Para Rasul ini berakhir kira-kira tahun 61 masehi.  Jadi Paulus ditahan paling sedikit 4 tahun dan kemungkinan besar hampir 5 tahun  Selama penahanan ini Paulus bersaksi kepada:
1. Rakyat di Yerusalem,
2. Kepala pasukan dan prajurit-prajurit Roma,
3. Mahkamah Agama orang Yahudi bersama Imam Besarnya
4. Gubernur daerah Yudea saat itu—Feliks,
5. Gubernur yang mengganti gubernur itu—Festus,
6. Agrippa II, raja propinsi Iturea, Trakhonitis dan Abilene,
7. Perwira dan pasukan Roma beserta penumpang-penumpang di kapal-kapal laut yang membawa Paulus ke Roma,
8. Kepala pulau Malta,
9. Dan lain-lain.

Tak dapat dibantah oleh siapa pun bahwa Paulus telah menjadi alat pilihan Tuhan.  Dan Tuhan memakainya dengan cara yang luar biasa bagi kemuliaan dan kebesaran nama Tuhan.   Oleh karena itu, marilah kita jaga agar penyerahan diri kepada Allah selalu penuh dan tidak setengah-setengah supaya saya dan Saudara juga dapat menjadi alat pilihan di tangan Allah.

Sebagai alat pilihan di tangan Tuhan, maka di mana pun dan kapan pun juga, Tuhan dapat memakai kita secara luar biasa.

Artikel oleh: June 6, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Acts (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kisah Para Rasul)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda