Berpetualang Dengan Allah

Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 16

“Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahnya”. (Kisah Para Rasul 16 : 31)

Jika kita mau berjalan bersama Allah, kita harus mengembangkan satu kesukaan untuk berpetualang.  Ya, berpetualang mengunjungi tempat-tempat yang baru dan menyerap berbagai pengalaman yang baru.  Syukurlah, jika memang Saudara suka berpetualang.  Akan tetapi, jika Saudara tidak suka, belajarklah untuk menyukainya.

Telusurilah kehidupan Paulus, sebagai contoh khusus dalam KPR 16 ini saja, dikatakan, “Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia ; Roh Kudus juga tidak mengizinkan mereka untuk masuk ke daerah Bitinia” (ay ay 6-7).  Padahal, secara manusiawi, daerah-daerah itu sudah jauh lebih dikenal oleh Paulus.  Roh Kudus justru memimpinnya—melalui sebuah penglihatan, untuk memasuki satu daerah yang sama sekali baru yaitu Makedonia (ay ay 9-10).  Paulus pun menjadi penggubah sejarah benua Eropa.

Telusurilah kehidupan tokoh-tokoh misi sepanjang sejarah gereja.  Umpamanya, Adoniram Judson ingin pergi ke India, tetapi Allah memimpinnya ke Birma dan menjadikannya mercusuar Allah.  David Livingstone berencana pergi ke China, tetapi Allah menuntunnya ke Afrika dan menjadikannya pilar Kerajaan Allah.

Jangan tertipu oleh Iblis yang suka sekali menyanyikan lagu ’nina bobo’.  Dia berusaha dengan segala cara supaya kita merasa nyaman dan kerasan dengan segala keberadaan dan kebiasaan hidup kita.  Lalu, tanpa kita sadari, kita tertidur—tentunya secara rohani, begitu pulas.

Tidak!  Halaulah si penipu itu.  Karena jika kita ingin memiliki kehidupan dan pelayanan yang sungguh berarti, kita harus siap berpetualang bersama Allah!  Ke mana?  Ke mana pun Tuhan pimpin kita!

Orang yang hidup dalam Roh bukan hanya menerima bahasa roh yang baru, tetapi juga siap dipimpin Allah ke tempat-tempat yang baru bahkan menyerap berbagai pengalaman baru.  

Artikel oleh: May 26, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Acts (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kisah Para Rasul)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda