Ikuti Aturan Tuhan

Bacaan Alkitab: Imamat 14 – 15

“Begitulah kamu harus menghindarkan orang Israel dari kenajisannya, supaya mereka jangan mati di dalam kenajisannya” (Imamat 15 : 31)

?

Paham kebebasan atau yang sering disebut dengan liberalisme merupakan bentuk bahan impor yang perlu diwaspadai sebab saat ini sudah masuk dalam tahap yang mengkhawatirkan. Biasanya usia yang rawan untuk hal ini adalah 13-30 tahun, pada usia ini muncul dinamika dan gejolak jiwa yang luar biasa, hal ini nampak dari ekspresi hidup sehari-hari. Inginnya mereka bisa bebas dari segala aturan yang ada, kecenderungan untuk bebas melakukan apa saja selalu muncul di benak mereka, dan kadang-kadang tidak diperhitungkan dampak bagi diri sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

Karena merasa bebas, maka manusia mulai mencintai diri dan memuaskan nafsu sesuai dengan keinginannya, sehingga tidak mengherankan jika kasus narkoba di beberapa negara angkanya semakin meningkat dan korban jiwa yang berjatuhan cukup banyak. Biasanya hal ini juga diiringi dengan penyimpangan seks, dan perilaku seks bebas.

Lalu bagaimana dengan kehidupan orang Kristen? Ingatlah, semua ada aturanya, dari ayat-ayat yang kita baca, mungkin kita akan bertanya-tanya, masalah sehari-hari saja kok mesti diatur. Ya, ni dilakukan Tuhan di dalam Perjanjian Lama bukan untuk mempersulit umat, melainkan untuk kebaikkan mereka sendiri dan pada kita saat ini. Allah sedang mengingatkan kita bahwa semua itu ada aturannya. Galatia pasal 5 : 13 mengatakan: “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”

Bicara itu ada aturannya, bergaul ada aturanya, bekerja pun ada aturannya, dimana pun kita berada tidak bisa lepas dari aturan. Demikian hidup kita dihadapan Tuhan ada aturannya, namun semua aturan itu bukan untuk mempersulit kita, sebaliknya segala aturan yang Tuhan tetapkan semata-mata untuk menyelamatkan hidup kita. Sebab dunia tempat kita berpijak ini banyak perangkap dosa. Aturan Tuhan adalah sabuk pengamannya seperti mobil yang dilengkapi dengan sabuk pengaman, supaya kita selamat di jalan.

Nikmatilah aturan yang ditetapkan Allah karena disitulah keamanan kita terjamin.

Artikel oleh: November 30, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Leviticus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Imamat)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda