Jangan Bodoh!

Bacaan Alkitab: Amsal 15

“Si pencemooh tidak suka ditegur orang; ia tidak mau pergi kepada orang bijak”
(Amsal 15 : 12)

?Ayat 12 ini mencatat apa yang tidak suka dilakukan oleh orang bodoh yaitu ia tidak mau ditegur dan tidak mau pergi kepada orang bijak. Sebuah barometer yang tepat untuk kematangan rohani ialah kemauan seseorang menerima didikan sekalipun dalan bentuk kritikan. Siapapun diri Saudara, adalah orang yang buruk jika menolak kritikan. Tetapi orang-orang yang mau menerima kritikan atau teguran adalah orang-orang yang mencapai sesuatu, orang-orang yang melebihi orang lain dan menjadi pemenang-pemenang. Bukanlah kekalahan jika kita mau mendengar didikan sekalipun dalam bentuk yang keras semacam kritikan. Sebab hal itu akan menambah kematangan hidup kita. Berapa banyak kita membenci nasehat atau teguran orang lain? Betapa sering kita berpikir, “Ia tidak tahu apa yang ia katakan” atau “kalau ia pandai, mengapa ia sendiri tidak lebih maju?”. Ini adalah pemikiran yang sama sekali keliru. Dan hanya orang yang bodoh yang mau berpikir seperti itu.

Pasal ini diakhiri dengan tiga ayat yang indah mengenai didikan atau teguran. Didikan atau nasehat itu adalah hal yang menguntungkan hidup manusia dalam waktu yang panjang, bukan saja sesaat. Ada beberapa hal yang hanya memberi keuntungan dan kebahagiaan dalam jangka waktu yang pendek, misalnya pakaian yang baru, sepatu yang baru, makanan yang enak dan lezat, berkunjung ke tempat wisata, dll. Tetapi orang yang mendengarkan didikan atau orang yang memberi respon positif pada koreksi akan mendapatkan pengertian dan menjadi beruntung sampai selamanya, tidak dibatasi waktu.

Simakhlah baik-baik ayat-ayat berikut ini: “Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal di tengah-tengah orang bijak. Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akan budi. Takut akan Tuhan adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan” (ay 31, 32, 33).

 

Siapapun yang tidak mau menerima nasehat adalah seorang yang bodoh.

Artikel oleh: October 21, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Proverbs (Renungan Alkitabiah dari Kitab Amsal)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda