Terimalah Didikan

Bacaan Alkitab: Amsal 4

“Dengarkanlah , hai anak-anak, didikan seorang ayah,?dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian”

(Amsal 4 : 1)

Dari Amsal ini kita melihat bahwa Allah menekankan pentingnya pengajaran orang tua terhadap anak-anaknya, seperti teladan Salomo. Anak harus mendengarkan nasehat orang tua, bukanlah sebaliknya. Jika ada anak yang tidak mau mendengar ajaran dan nasehat orang tuanya dan malah sebaliknya ia mau mengajar orang tuanya, maka itu namanya “anak durhaka”. Alkitab tidak pernah menuliskan bahwa anaklah yang harus didengarkan atau ditaati oleh orang tua. Ajaran dan nasehat adalah tugas dan kewajiban orang tua kepada anak-anaknya, termasuk didalamnya pengasuhan Kristiani.

Kecenderungan orang tua adalah mengesampingkan tugas utama ini dengan alasan bahwa ia sibuk dalam pekerjaan dan tugasnya demi kesejahteraan ekonomi keluarga. Itu adalah pandangan atau alasan yang salah, karena bentuk perhatian dan kasih orang tua terhadap anak tidak dapat digantikan dengan materi atau berupa benda apapun.

Apa nasehat penting dalam Firman Tuhan hari ini yang perlu kita perhatikan? Pertama, Jagalah hati kita (ay 23). Ketika kita gagal dalam menjaga hati kita, maka akibatnya kita akan menyimpang dari jalan kebenaran dan terjebak dalam jerat maut. Hati adalah sumber segala keinginan dan keputusan, maka jika kita tidak menjaganya, maka kita dalam keadaan bahaya. Kedua, Jagalah mulut kita (ay 24). Yang lebih berbahaya dari kejahatan adalah kejahatan yang kelihatannya baik. Dusta, bohong, munafik dan ketidakjujuran bukanlah merupakan bagian dari mulut seorang yang bijaksana. Ketiga, Jagalah mata kita (ay 25). Mata seorang anak Tuhan, berbeda dengan mata orang kebanyakan dalam hal, cara ia menggunakan matanya. Keempat, Jagalah kaki kita (ay 26-27). Orang percaya akan berjalan sesuai dengan pimpinan Tuhan dan kakinya pun tidak menempuh jalan yang salah.

Dengarkan dan terimalah didikan itu supaya Anda terhindar dari jalan yang salah dan yang menyesatkan!

Artikel oleh: October 11, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Proverbs (Renungan Alkitabiah dari Kitab Amsal)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda