Waspada Rohani

Bacaan Alkitab: Ibrani 6: 1 – 8

Tetapi jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri, tidaklah ia berguna dan sudah dekat pada kutuk, yang berakhir dengan pembakaran.
(Ibrani 6 : 8)

Murtad dalam bahasa Yunani adalah apostasia (sebagai kata benda yang berarti kemurtadan) dan aphistemi (bentuk kata kerja diterjemahkan: berbalik dari). Istilah ini berarti: suatu tindakan meninggalkan, berkhianat, memberontak, berbalik meninggalkan sesuatu yang dahulu diikuti. Menjadi murtad berarti, memutuskan hubungan keselamatan dengan Kristus atau mengundurkan diri dari persekutuan yang sangat penting dengan Kristus. Alkitab memberi peringatan yang tegas mengenai bahaya kemurtadan dengan tujuan supaya kita waspada untuk tidak meninggalkan kesatuan hubungan kita dengan Kristus dan sebagai pendorong bagi kita untuk tetap bertekun di dalam iman dan ketaatan kepada Allah.

Apakah orang yang sungguh-sungguh percaya kepada Kristus bisa terancam bahaya kemurtadan? Jawabannya, ya! Anda perhatikan ayat 4 dan 5, sangat jelas dituliskan bahwa kemurtadan dapat terjadi pada orang percaya yang pernah diterangi hatinya, pernah mengecap karunia surgawi, pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan pernah merasakan karunia-karunia dunia yang akan datang.

Tanda-tanda orang percaya yang menuju kepada kemurtadan adalah:

  • Orang percaya yang tidak lagi mempercayai kebenaran, nasehat, peringatan, dan ajaran Firman Allah (Mark 1:15; Luk 8:13; Yoh 5:44).
  • Ketika kenyataan-kenyataan dunia semakin nyata dibanding dengan kenyataan-kenyataan Kerajaan Allah, orang-orang percaya berangsur-angsur berhenti menghampiri Allah (Ibr 4:16; 7:19; 11:6).
  • Melalui kelicikan dosa, maka orang percaya makin toleran terhadap dosa dan tidak lagi mengasihi kebenaran-Nya (1 Kor 6:9, 10; Ef 5:5).
  • Hati yang degil dan menolak jalan Allah (Ibr 3:8, 10, 13).
  • Mengabaikan suara Roh Kudus dan mendukakan-Nya (Ef 4:30; 1 Tes 5:19-22). Dengan demikian, Anda harus selalu waspada rohani!

Peliharalah kehidupan rohani Anda dengan menjalin persekutuan yang erat dengan Kristus, meminta bimbingan Roh Kudus, berdoa dan membaca Firman Tuhan setiap hari.

Artikel oleh: September 24, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda