Jangan Terbawa Arus!

Bacaan Alkitab: Ibrani 2 : 1 – 4

“Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus”.
(Ibrani 2 : 1)

Surat Ibrani ini pada mulanya ditujukan kepada orang-orang percaya Yahudi yang sedang mengalami penindasan, penganiayaan dan keputus-asaan.  Sehingga, penulis surat ini berusaha untuk meneguhkan iman mereka kepada Kristus supaya tidak tergoncangkan dengan segala hal yang mereka alami.  Ditengah-tengah pergumulan iman yang mereka hadapi, merekapun mendapat peringatan yang tegas agar mereka sungguh-sungguh memperhatikan “apa yang telah kita dengar”. Hal tersebut menandakan bahwa pada saat itu, merekapun sedang dihadapkan dengan ajaran-ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran Kristus.  Jika mereka tidak hati-hati maka mereka akan “hanyut dibawa arus”. Kelalaian atau kurang perhatian, sikap acuh tak acuh terhadap Firman Allah bisa berakibat fatal, yaitu bahaya terbawa arus  melewati tempat pendaratan yang telah ditentukan dan gagal mencapai tempat yang aman.

Seperti juga para penerima surat ini, semua orang Kristen termasuk Anda, dapat tergoda untuk mengabaikan Firman Allah.  Karena kelalaian dan sikap masa bodoh, Anda dengan mudah tidak lagi memperhatikan peringatan-peringatan-Nya (ay 2). Terkadang kita mulai berhenti bertekun dalam perjuangan kita melawan dosa (I Pet 2:11) dan secara perlahan-lahan “hanyut” dan meninggalkan Tuhan.

Menjadi dingin rohani dan meninggalkan Kristus tidak berlangsung dengan seketika, tetapi perlahan-lahan dan bertahap.  Pertama-tama Anda hanya kurang rajin melayani Tuhan, lalu dengan perlahan-lahan sukacita melayani mulai hilang. Anda tidak berdoa lagi seperti semula, beribadah mulai tidak setia dan lambat laun berpengaruh pada ketidaksenangan terhadap Firman Tuhan dan lebih parah lagi meninggalkan Kristus. Akhirnya Anda sulit dibedakan dari antara orang yang tidak percaya.  Bukankah begitu banyak orang Kristen dewasa ini yang keadaan rohaninya seperti itu?  Apakah hal itu terjadi karena “terbawa arus” atau karena “ketidaktaatan” kepada Firman?

 

Pastikan Anda tetap kepada iman yang sejati terhadap Yesus Kristus dan tidak akan “terbawa arus” melainkan menjadi orang Kristen yang “melawan arus”.

Artikel oleh: September 16, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda