Saatnya Menyusun Program Kerja untuk Tahun 2010

a-174

Saya sharing sedikit apa yang kami lakukan sebulan yang lalu, pada Agustus 2009 yang lalu saya membawa staff saya untuk menyepi selama sehari menyusun kembali apa yang akan menjadi Program kerja tahun 2010. Kami menyelesaikan 60% program kerja umum berdasar ‘dorongan rohani” yang Tuhan berikan kepada kami tentang jemaat yang kami layani.

Friends, bulan ini adalah bulan penting untuk menyusun Program Kerja 2010 dengan langkah yang bisa saya berikan sebagai berikut:

1. Sebaiknya sejak bulan Agustus setiap tahun, sebagai gembala sidang anda sudah menyinggung “apa yang bakal gereja lakukan di tahun berikutnya”, artinya anda sudah mendapat bayangan apa yang bakal anda tekankan dalam gereja di tahun depan

2. Ajaklah orang-orang yang bekerja bersama anda dalam pelayanan, apakah staff atau pengerja atau barangkali diaken dan majelis gereja anda, menyepi selama sehari minimal untuk memikirkan dan berdoa mendapat kepastian sekaligus menyusun rencana bagi tujuan besar, tema besar gereja tahun depan

3. Usahakan 60% selesai sehingga setiap bidang pelayanan, atau departemen dalam gereja anda dapat melihat arah sebelum mereka menyusun Program Kerja tahun depan.

4. Mintalah agar setiap bidang pelayanan untuk menyelesaikan dalam waktu 1 bulan program kerja tahun depan, sehingga pada bulan Oktober awal Program Kerja 2010 setiap departemen sudah dapat diperkirakan. Program kerja biasanya terdiri dari 2-3 lembar yang berisi Tujuan, Kondisi saat ini, Rencara Tahun Depan, Kalender Kerja dan Anggaran. Dalam Rencana Tahun Depan sebaiknya disertakan rencana evaluasi dan tentukan waktunya.

5. Mintalah seorang staff anda untuk menyusun Program kerja Gereja dengan cara mengkombinasikan 60% rencana umum gereja dengan program kerja setiap departemen dalam gereja anda sehingga terbentuk:

  • Kalender setahun di mana tidak ada kegiatan yang bentrok. Kalender tersebut dapat dibagikan kepada jemaat di awal Desember supaya mereka mengetahui apa yang bakal dilakukan gereja di tahun depan
  • Anggaran setahun yang sudah sebagian besarnya disetujui – khusus anggaran biasanya hanya menjadi informasi bagi gembala sidang dan para majelis atau diaken gereja

5. Masukkan rencana Doa Puasa dalam kegiatan setahun anda sehingga jemaat dapat terlibat secara langsung dalam kerohanian gereja secara umum.

6. Jika Desember awal semua sudah menjadi jelas, anda sudah ‘aman’ untuk memasuki tahun berikut.

Semoga saran ini berguna untuk mengingatkan kita semua, Tuhan memberkati!

Artikel oleh: September 13, 2009  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Udin Timothy Sinaga - September 15, 2009

    Biasanya sih kami nyusun Program Kerja & Anggaran Belanja gereja untuk tahun berikut di bulan Desember, setelah acara Natal selesai. Sekaligus kami evaluasi Program Kerja, Anggaran Belanja termasuk evaluasi kepada para Pelayan-pelayan. Sama, acaranya juga sehari penuh, dan gereja siapkan acara jamuan kasih juga persembahan kasih untuk para Pelayan-pelayan. Namun, masing-masing sudah kami siapkan apa-apa saja yang akan diajukan pada waktu penyusunan Program Kerja tahun berikutnya.

Tulis Komentar Anda