Akar Kebahagiaan Sejati Rumah Tangga Kristen (3)

by Ferry Tabaleku

a-1642

Dari artikel ke 1 dan 2, kita telah mengetahui beberapa penyebab utama jiwa seseorang terluka atau sakit maka pada kesempatan ini, kita akan melihat “11” kebenaran yang di perkatakan Firman Tuhan tentang orang-orang yang “membenci dan tidak mau mengampuni”akan sesamanya antara lain;

Pertama, Mendatangkan Dosa atau Kutuk: Imamat 19 : 17-18, mengatakan bahwa Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu tetapi engkau harus berterus terang menegur orang sesamamu dan jangan engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia. Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang –orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.Artinya bila kita tetap membenci saudara kita didalam hati” maka hal itu tetap mendatangkan dosa kepada diri kita , itulah “KUTUK”.

Kedua, “Didalam Kegelapan”: 1Yohanes 2 : 9, “Barangsiapa berkata bahwa ia berada didalam terang tetapi “ia membenci saudaranya, ia berada didalam kegelapan sampai sekarang”

Ketiga, Matanya di Butakan Oleh Kegelapan: 1Yohanes 2 : 11, dengan jelas mengatakan bahwa “… Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada didalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.

Keempat, Doanya tidak didengar: Markus 11 : 25-26, dengan tegas mengatakan bahwa, “Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang , supaya Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu”

Kelima, Dosanya Tidak Di Ampuni: Matius 6 : 14-15, berkata bahwa “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang , Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga, tetapi jikalu kamu tidak mau mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

Keenam, Persembahannya di Tolak: Matius 5 : 23-24, Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.”

Ketujuh, Timbul Akar Kepahitan: Ibrani 12 : 15, “Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.”

Kedelapan, Pendusta: 1Yohanes 4 : 20-21, “Jikalau seorang berkata: Aku mengasihi Allah” dan ia membenci saudaranya maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya yang di lihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak di lihatnya. Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.”

Kesembilan, Pembunuh: 1Yohanes 3 : 15, Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.”

Kesepuluh, Anak-Anak Iblis: 1Yohanes 3 : 10, “Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.”

Kesebelas, Tetap Di dalam Maut: 1Yohanes 3 : 14 “Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap didalam maut.

Lebih lanjut marilah coba kita simak 11 kebenaran diatas yang telah di paparkan Firman Tuhan kepada kita , dan apakah pendapat anda bila masih ada perasaan kebencian dan tidak mau mengampuni seseorang ? Apakah yang akan terjadi dengan hidup anda dan keluarga selanjutnya jika hal-hal tersebut masih mengikat atau membelenggu anda.? Tuhan saja yang tahu hati anda dan Dia dapat melakukan yang terbaik dalam hidupmu jika engkau mau mengampuni. Doa dan harapan saya semoga Roh Kudus akan berbicara lebih dalam lagi di hati anda, supaya kebenaran ini sungguh-sungguh menjadi berkat bagi anda.

Selanjutnya penulis memberi beberapa saran kepada anda sebagai langkah penyembuhan bagi anda antara lain; Pertama, tahu bahwa Tuhanlah yang memulihkan atau menyembuhkan , sebagaimana pemazmur mengatakan bahwa “Dia yang membentuk hati mereka sekalian …(33:15) ..”Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.” (Maz.147:3) dan kemudian Yehezkiel 36 : 25-31, mengatakan “ Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu … kamu akan Kuberi hati yang baru, dan roh yang baru didalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepada hati yang taat….”

Kedua, rindu di pulihkan/Keinginan untuk dipulihkan; Artinya akui dan ceriterakanlah dengan terbuka hati anda dihadapan Tuhan atau pembimbing rohani anda. Minta Tuhan ingatkan apa saja yang pernah anda alami. Ambillah keputusan untuk mengampuni orang yang melukai hati anda. Bila anda berbuat dosa maka jalan keluarnya adalah minta ampun kepada Tuhan, sedangkan untuk luka hati jalan keluarnya adalah mengampuni orang yang melukai hati anda. Berdoalah dan ampunilah orang tersebut, kalau boleh sebutkan namanya serta mengucapkan kata-kata pengampunan bagi orang tersebut dan sebutkan setiap hal yang di lakukannya satu persatu sampai tuntas. Terimalah pemulihan dari Tuhan dengan iman dan izinkanlah Roh Kudus agar Ia dengan leluasa bergerak untuk memulihkan dan membersihkan anda dari luka hati yang ada maka terjadilah pemberesan dalam hidupmu. Dan jangan lupa penghalang-penghalang ini perlu disingkirkan antara lain; tidak mau mengampuni, tidak mau mengampuni sepenuh hati, memperhatikan status benar dan salah serta tidak jujur dan tidak tulus. Menjaga hati untuk mencegah dan memelihara agar batin/hati tidak terluka lagi dengan cara; menjaga persekutuan dengan Tuhan, melalui saat teduh dengan Tuhan, doa pribadi, dan membaca Firman Tuhan. Hidup didalam kontrolan Roh Kudus, melalui pengudusan mata, telinga, pikiran, perasaan, memori, dan memelihara damai sejahtera, kebenaran dan sukacita oleh Roh Kudus. Menjaga hati dan pikiran dari tipu muslihat iblis dengan percaya kepada Allah atas pengampunan dan pertolonganNya. Lakukanlah dengan mengakui dan mengucapkan Firman Tuhan. Terimalah setiap orang dengan segala kelemahan dan kelebihan mereka.

Ciri-ciri hati yang sudah dipulihkan/disembuhkan yang diungkapkan oleh Yeh 36 : 26 sebagai berikut ; Jika anda sudah pulih, maka pikiran yang tadinya selalu curigai dan berprasangka buruk, semuanya akan sirna dan mulai dapat melihat segi positif, ketika anda mulai mengenal seseorang, walaupun ia berasal dari latar belakang yang sangat berbeda dengan anda, anda pasti dapat menerima dia dengan hati yang terbuka, tanpa melihat lagi status sosial atau asal usulnya serta sifat yang berbeda dengan anda. Ciri lain jika anda sudah pulih/sembuh, anda akan memperhatikan keperluan orang lain. Jika ia membutuhkan sesuatu maka anda berusaha untuk membantu, dengan menyalurkan berkat bagi yang membutuhkannya. Tidak hanya berkat materi, tetapi terlebih berkat rohani. Orang yang sudah dipulihkan akan gemar bersaksi, menceriterkan kebaikan dan kejaiban Allah. Mulut anda tidak akan pernah berhenti menceriterakan akan apa yang anda sudah alami, bagaimana Yesus sudah memulihkan anda. Dengan kerinduan agar pemulihan yang anda terima dapat dialami orang lain. Tentunya anda akan gemar berdoa, dan memuji dan menyembah Tuhan. Selalu ada kerinduan akan kehadiran Tuhan didalam segala aspek hidup kita. Sebab ada kebebasan untuk menyembah dan memuji Dia. Anda sendiri akan melihat apa yang sedang terjadi dalam hidupmu baik secara ekonomi maupun secara rohani.. Pasti grafik perjalanan hidup anda selalu menanjak naik dan stabil. Tidak lagi dikalahkan oleh Iblis, tetapi selalu menang dalam peperangan rohani, yang membuat anda bertumbuh dengan pesat

Anda tidak akan menjadi orang yang tidak “self centered” artinya tidak hanya memikirkan diri sendiri, egois, bahkan ada yang terlalu sakit hati, sehingga tidak mau berhubungan dengan siapa pun. Jika anda masih memiliki sikap, “saya kasihan ,”saya adalah orang yang paling termalang didunia, ini artinya anda belum di pulihkan. Tetapi bila hati anda sudah di pulihkan, maka anda akan menjadi orang yang tidak lagi berkata” saya, saya, dan saya” tetapi berbelas kasihan kepada orang lain dengan penuh gairah dan semangat yang menyala-nyala untuk menolong mereka.

Oleh sebab itu penulis menyediakan formulir tes kesembuhan hati ini kepada anda, dengan maksud anda dapat mengisi seluruh pertanyaan yang ada dalam formulir ini dengan jujur dan tulus dihadapan Tuhan. Kemudian setelah selesai anda mengisinya formulir tesebut,(diharapkan seluruh rahasia anda perlu dijaga sendiri, dan tidak perlu diketahui oleh orang lain) lalu anda mengangkatnya dihadapan Tuhan dengan doa pengampunan dan pemulihan agar dalam hidup anda. Setelah doa maka formulir tersebut dibakar atau disobek-sobek sebagai tanda tindakan iman anda bahwa Tuhan Yesus telah memulihkan/menyembuhkan anda dari persoalan tersebut.

Inilah formulir tes kesembuhan hati yang perlu di isi dan di print out saja agar dapat di isi serta dilakukan sebagaimana dianjurkan diatas.

1. MASA DALAM KANDUNGAN/TRAUMA.

Apakah Saudara pernah akan digugurkan waktu masih dalam kandungan?

Apakah orang tua bernazar tentang kelahiran anda?

Bila ya, nazar apakah itu?

Apakah anda pernah mengadakan perjanjian darah/perjanjian sehidup semati dengan seseorang? __________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Apakah pernah anda dikutuki seseorang? Jelaskan dibawah ini!

Apakah ada pengalaman atau peristiwa yang mengerikan yang terjadi pada kanak-kanak/remaja/dewasa (trauma)?

 Kecelakan, kematian orang tua/kekasih?

 Pemerkosaan?

 Diserang orang/Shock/dpresi sesudah operasi?

 Perampokan ?

 Lain-lain?

2. PROBLEM-PROBLEM EMOSIONAL, KONFLIK-KONFLIK DAN KEADAAN-KEADAAN YANG TERJADI DALAM HIDUPMU SEPERTI

Apakah Anda :

 Pernah/ingin/berusaha menggugurkan bayi?

 Anak ke : 1, 2, 3, 4, 5, 6, dst.

 Bercerai/ingin bercerai

 Sering bermimpi buruk/cabul dengan beberapa orang

 Membenci seseorang/orang lain?

 Ingin/berusaha bunuh diri

 Banyak hutang?

 Membenci/menghukum diri sendiri?

 Suku bergaul dengan orang lain?

 Selalu gagal dalam usaha?

 Plin plan dan selalu ragu?

 Pahit hati?

 Tidak percaya pada diri sendiri?

 Pendendam?

 Tidak Muda Percaya?

 Dikutuki Istri/anak/suami?

 Mengasihani diri sendiri?

 Dikuasai oleh Aya/Ibu/istri?

 Menguasai anak/suami/istri?

 Terlibat urusan calo/buntut/arisan?

 Pemarah?

 Pelupa?

 Curiga?

 Sukar mengambil keputusan?

 Iri Hati?

 Rendah diri?

 Sombong?

 Mudah Terkejut?

 Cemburu?

 Sering di pukul suami?

 Impotensi/frigidity

 Pemalu?

 Lain-lain?

3. KEBIASAAN-KEBIASAAN YANG MERUGIKAN BAIK YANG SEKARANG MAUPUN YANG DAHULU

 Pendusta

 Perokok?

 Menghujat/memaki-maki?

 Peminum?

 Kritik yang berlebihan?

 Penjudi?

 Gossip?

 Mata Keranjang?

 Cinta Uang?

 Cepat jatuh cintah?

 Dorongan Mencuri (Kleptomania)?

 Gelojo/rakus?

 Rasa takut terhadap sean, manusia, dan serangga?

 Tempat gelap, tempat Tinggi?

 Masa depan, takut di tolak?

 Lain-lain?

4. APAKAH ANDA PERNAH MENGGUGURKAN ANAK DALAM KANDUNGAN.

Bila ya, mengapa menggugurkan?

5. SINDROM PENOLAKAN:

· Apakah hubungan anda di masa kanak-kanak dengan orang tua; baik, tidak baik, dan tidak dekat?

· Apakah anda merasa minder?

· Apakah anda merasa sepi dan tidak bahagia di masa remaja?

· Apakah sulit sekali untuk menerima atau memberi kasih?

· Apakah sulit sekali bagi anda untuk berkomunikasi dengan pribadi-pribadi yang dekat anda?

· Apakah anda berasal dari suata keluarga yang angkuh/sombong?

· Apakah anda sendiri angkuh/sombong?

6. PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG BERKAITAN DENGAN MASALAH MENTAL DAN EMOSIONAL.

· Apakah anda selalu khawatir dan was-was?

· Cepat Putus Asa?

· Apakah Orang tua anda juga menderita problem ini?

· Apakah ada seorang anggota keluarga yang pernah menderita tekanan mental?

· Apakah anda pernah diberi pengobatan oleh psikiater?

· Pernah anda mendapat shock-treatment?

· Apakah anda memcapai pendidikan tinggi? (ini diperlukan untuk mengecek apakah anda seorang intelektualisme, humanism. Atau rasionalisme)

· Apakah anda sering kebingungan secara mental?

· Apakah anda sering melamun atau sering timbul khayalan mental?

7. SEBUTKAN GANGGUAN-GANGGUAN APALAGI YANG ANDA ALAMI YANG TIDAK TERDAPAT DI DALAM DAFTAR PERTANYAAN INI DI ATAS.

Artikel oleh: September 3, 2009  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

3 Komentar

  1. Agustiawan SAputra - October 16, 2009

    Kang Budi, apa sih ciri-ciri orang yang putus asa itu ?
    Tolong di jawab yaaa!!!!!!!!

  2. Budi Setiawan - October 17, 2009

    waduuh kudu pak ferry Tabaleku dulu yang jawab ya, saya akan kontak dia, sabar bro, gbu

  3. online - January 5, 2010

    Terima kasih atas informasi menarik

Tulis Komentar Anda