Sekilas Pandang Mongolia

THE MESSENGER EDISI V_Page_20

Mongolia adalah sebuah negara dengan luas dataran yang hampir sama dengan Indonesia (Jika dikurangi lautan) namun populasinya hanya 3 juta manusia. Dataran yang diapit oleh Rusia di sebelah utara dan China di sebelah Selatan ini merupakan negara demokrasi yang sebagian besar datarannya adalah padang gurun. Iklim di Mongolia cukup ekstrim karena pada musim dingin di pagi hari mencapai -45. Musim panas rata2 15-19 derajat.

Ada beberapa hal menarik tentang negara ini jika ditinjau dari konteks kekristenan. Mongolia adalah salah satu negara yang usia kekristenannya masih relatif sangat muda. Terbuka sebagai negara demokrasi pada tahun 1990. Dan ketika itu juga Kekristenan mulai masuk dari negara barat. Mereka tidak memiliki kitab Perjanjian lama berbahasa Mongolia sampai dengan tahun 2000. Gereja saat ini berjumlah sekitar 600 dengan jumlah penduduk beragama kristen sebanyak sekitar 80.000 orang. Saat ini ada 22 GSJA yang berdiri di Mongolia dengan 18 orang pendeta. Mereka memiliki sebuah Sekolah Alkitab yang dirintis oleh misionari Amerika. Kita mengucap syukur karena saatВ ini mereka juga terkoneksi dengan SATI Malang. Dan bukan hanya itu saja, GSJA di Indonesiapun melalui Misi Luar Negeri sudah terkoneksi dengan mereka untuk melihat segala peluang pelayanan yang dapat kita lakukan untuk mereka.

1. Penanaman gereja Baru
2. Sekolah Formal berbahasa Inggris
3. Gereja Internasional
4. Pelayanan di Sekolah Alkitab
5. Mendampingi Gembala gereja lokal
6. Bisnis untuk misi

THE MESSENGER EDISI V_Page_21

Pada kesempatan ini pula, MLN diberikan kesempatan utk melayani di sebuah GSJA Full LIFE dan
sebuah event Youth Conference. Ada sekitar 300 kaum muda mengikuti konferensi ini. Selain itu, MLN juga berkesempatan mengunjungi sebuah ibadah di salah satu GSJA Mongolia dan berkotbah di sana. Jemaat terlihat sangat antusias dengan adanya banyak kesaksian yang disampaikan setelah ibadah. Mereka diberikan kesempatan untuk menceritakan bagaimana Firman Tuhan Sudah berbicara kepada mereka hari itu.

THE MESSENGER EDISI V_Page_23

 

Artikel oleh: September 1, 2018   Kategori : Umum  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda