Kesaksian Pelayanan Misi Luar Negeri Eropa (Jerman)

THE MESSENGER EDISI III.cdr

Pelayanan misi di Eropa, khususnya Jerman di mulai pada tanggal 23 Oktober 2017. Dimulai dengan mujizat Tuhan dan dilanjutkan dengan mujizat demi mujizat Tuhan bukakan. Kami, Andre dan Rika (Andrika) disambut oleh seorang hamba Tuhan, Ps. Asien ( teman lama) yang sudah menggembalakan gereja Internasional di kota Aachen-Jerman selama 20 tahun. Mereka menampung kami di Gerejanya Lighthouse Christliches Zentrum (LCZ) beberapa tahun ke depan.

KKA MAHASISWA INDONESIA

THE MESSENGER EDISI III.cdr

Di LCZ Aachen Jerman Andrika aktif dalam pelayanan KKA bagi para mahasiswa dan calon mahasiswa Indonesia di kota Aachen. Ada beberapa KKA di LCZ; Komsel Bahasa Indonesia (kebanyakan untuk mahasiswa Indonesia), KKA Kaum Muda (Bahasa Inggris & Jerman), KKA Keluarga (Bahasa Jerman), dan KKA Anak (Dalam Bahasa Jerman). Gereja LCZ menjalankan Gereja dengan penekanan kepada 3 values kehidupan gereja yaitu: Community, Discipleship and Mission.

Sekarang bukan hanya mahasiswa Kristen, tetapi juga beberapa mahasiswa Non Kristen bergabung dalam pertemuan makan bersama kami. Sekitar 25-35 anak yang datang setiap kegiatan. Kami berdoa supaya di waktu ke depan bisa membuat acara yang bukan hanya dihadiri mahasiswa Indonesia, tetapi juga mahasiswa dari negara lain yg tinggal di apartemen mahasiswa itu. Karena ada ratusan mahasiswa dari berbagai negara yang tinggal di asrama mahasiswa itu.

Beberapa dari mereka yg hadir di acara makan bersama kami, sudah mau menghadiriundangan kami di acara Natal dan Tahun Baru, sehingga mereka bisa mendengar Injil. Kami bersama KKA Indonesia di Gereja LCZ sedang memikirkan cara supaya setiap 2 bulan sekali kami akan mengadakan acara yang memungkinkan orang-orang non Kristen yang sudah kami kenal bisa datang dan mendengar Injil.

KOMSEL ANAK DALAM BAHASA JERMAN

Setiap hari Rabu, Rika membantu di Komsel Anak Bahasa Jerman. Tujuannya supaya Rika bisa mulai lebih terbiasa dengan Bahasa Jerman dan bergaul dengan orang-orang Jerman. Mulai bulan Januari 2018, Rika juga di jadwalkan membantu mengajar Kelas Sekolah Minggu dalam Bahasa Jerman.

PERTEMUAN MENTORING DENGAN PS. ASIEN

Setiap hari Rabu Andrika mengadakan pertemuan khusus dengan Ps. Asien selaku gembala Gereja LCZ Aachen membahas lebih dalam tentang visi misi gereja LCZ, dan juga membantu untuk mengarahkan kami kepada visi yang Tuhan sudah berikan di hati kami, yaitu membuka 1 gereja Internasional, di salah satu kota di Jerman.

BELAJAR BERKHOTBAH DALAM BAHASA INGGRIS

Ps. Asien juga memberikan kesempatan kepada kami untuk memperlancar berkhotbah dalam Bahasa Inggris. Karena visi kami adalah membuka gereja Internasional, maka kami harus berlatih supaya bisa mengajarkan Firman Tuhan dengan Bahasa Inggris. Sejak Januari 2018 kami sudah dijadwalkan berkhotbah di Ibadah LCZ di Kota Aachen, maupun di kota Maastrich, Belanda.

THE MESSENGER EDISI III.cdr

PERKUMPULAN SOSIAL

Kami juga bergabung dengan perkumpulan Sosial yang diadakan 2 minggu sekali. Ini merupakan program pemerintah Jerman untuk membangun suasana kekeluargaan dalam masyarakat. Jadi kami berkumpul bersama dengan orang-orang di lingkungan rumah kami, memasak dan makan siang bersama. Setiap orang yang hadir harus membayar 2 Euro untuk makan siang. Sekitar 15an orang yang hadir di pertemuan ini, orang Jerman dan juga kadang bergabung imigran dari Iran. Tujuan kami mengikuti pertemuan ini supaya kami bisa berkenalan dengan penduduk lokal, membangun hubungan dengan mereka, sehingga kami bisa memberitakan Injil kepada mereka.

KURSUS BAHASA JERMAN

Mulai 26 Februari, Rika akan mengikuti kursus Bahasa Jerman. Rika sudah mendaftarkan diri dan mengikuti kursus Jerman intensif dari Senin – Jumat. Biaya Kursus intensif 200 jam adalah 460 Euro.

PENJANGKAUAN KEPADA REFUGEE

Tahun lalu ada banyak refugee yang bergabung di gereja LCZ. Tetapi sekarang hanya 1 keluarga yang masih datang ke ibadah hari Minggu. Beberapa di antara mereka berpindah ke gereja yang lain, beberapa berusaha diajak aktif mengikuti program gereja, namun belum berkomitmen, beberapa sudah dipindahkan oleh negara ke daerah yang lain, tanpa memberitahu kepada gereja dan tidak dapat dihubungi.

Ada beberapa persoalan dalam menangani refugee. Pertama, mereka belum berakar dalam iman dan belum memiliki pertobatan yang sejati kepada Kristus. Padahal gereja LCZ tidak sembarangan membaptis mereka. Mereka sudah mengikuti semua pelajaran dasar iman, mengikuti retreat “encounter with God”, kemudian di Baptis. Tetapi kenyataan mereka menghilang setelah dibaptis.

Kedua, mereka bergabung ke gereja hanya untuk mendapatkan keuntungan dan kemudahan. Mereka berharap Surat Baptisan akan mempermudah mereka mendapatkan izin tinggal, sehingga mereka berpindah-pindah dari 1 gereja ke gereja yang lain, yang mereka anggap memiliki sesuatu yang menguntungkan mereka.

Ketiga, bahasa menjadi kesulitan dalam memuridkan mereka. Sebagian besar mereka tidak bisa berbahasa Inggris dan belum mengerti bahasa Jerman. Sampai saat ini kami masih berusaha menemukan cara, metode yang terbaik untuk menjangkau dan memuridkan mereka, sambil mempelajari motif dan kebutuhan terbesar dalam hidup mereka yang bisa menjadi jalan Injil tertanam di dalam mereka.

RENCANA SELANJUTNYA

Kami terus berdoa, kemana Tuhan akan membuka daerah untuk kami memulai sebuah gereja. Tujuan awal adalah Berlin, ibu kota Jerman. Tetapi kami juga sedang berdoa untuk beberapa kota yang tidak terlalu jauh dari Aachen seperti kota Koeln, Bonn, Dusseldorf, Darmstadt. Bulan depan kami akan mengunjungi kota Koeln dan berdoa keliling di Kota Koeln. Kami bisa membeli kartu perjalanan dengan biaya 45 Euro.

PERPANJANG VISA

Baru- baru ini tanggal 8 Januari 2018 Andrika memperbarui Visa di kantor polisi orang asing. Dari situ kami mendapat Ijin Tinggal satu tahun yang bisa diperpanjang setahun lagi tahun depan. Puji Tuhan!

THE MESSENGER EDISI III.cdr

Kami terus berdoa Tuhan membuka pintu-pintu pelayanan dan kesempatan-kesempatan kepada kami. Kami percaya Tuhan yang mengutus kami ke Jerman, akan menuntun kami untuk menggenapi rencana-Nya melalui hidup kami. Terima kasih untuk dukungan yang diberikan kepada kami, baik melalui doa dan dana. Tuhan Yesus memberkati.

Andre dan Rika

Artikel oleh: March 24, 2018   Kategori : Umum  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda