Berpusat Kepada Tuhan

Berpusat Pada Tuhan

“Sebab Tuhan mendatangkan hari pembalasan dan tahun pengganjaran karena perkara Sion”. (Yesaya 34 : 8)

 

Sebagai wujud pertolongan-Nya, Tuhan menghukum bangsa-bangsa di sekitar Yehuda, termasuk bangsa Edom.  Gambaran mengenai penghukuman atas bangsa-bangsa ini memang sangat mengerikan. Bahkan, murka Tuhan digambarkan seperti murka-Nya kepada Sodom dan Gomora, yang membinasakan semua yang ada di sana (9-10).  Mereka dihukum karena memosisikan diri untuk melawan Tuhan dan umat-Nya (bandingkan dengan istilah “tahun pengganjaran karena perkara Sion”).

Lihatlah bahwa tidak ada satu kekuatan pun di dunia ini yang dapat tetap tegak berdiri bila menentang Yang Maha Kuasa, Tuhan kita. Akan ada saat Tuhan menunjukkan kuasa-Nya dan menundukkan musuh-musuh-Nya hingga mereka bertekuk lutut, bahkan binasa. Maka tetaplah berada di pihak Allah dan alamilah kuasa-Nya.

Menaati perintah Tuhan seharusnya merupakan manifestasi dari kehidupan orang percaya. Namun tidak mudah untuk melakukannya. Begitu banyak kendala atau hal yang sadar maupun tidak, bisa menjadi alasan untuk tidak menaatinya. Demikian pula dengan bangsa Israel yang telah melihat dan mengalami banyak mukjizat Tuhan dalam kehidupan mereka. Walau Tuhan menyebut mereka umat pilihan-Nya, tetapi Tuhan menyebut mereka sebagai bangsa yang tegar tengkuk (3; Kel 32:9) karena mereka tidak tunduk pada otoritas Tuhan. Mereka malah menyembah berhala. Itulah sebabnya mereka harus menerima akibatnya yakni hukuman dari Tuhan semesta alam.

Sebagai orang percaya yang hidup dimasa kini, kita tentu tidak pernah membuat ‘patung untuk disembah’, tetapi ketika pekerjaan, kegiatan usaha, atau kegiatan lain menjauhkan kita dari relasi yang akrab dengan Tuhan, maka hal itu berarti berhala. Demikian juga jika uang atau hobi telah menghalangi pertumbuhan kerohanian kita, maka hal itu telah menjadi ilah. Jika kita tidak bertobat dan tetap melakukan apa yang tidak Tuhan kehendaki, maka hukuman Tuhan menanti di depan kita.

 

Marilah menjaga kemurnian hati untuk tetap berpusat kepada Tuhan lebih daripada apapun yang ditawarkan dunia!

 

Artikel oleh: June 6, 2016   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Isaiah (Renungan Alkitab dari Kitab Yesaya)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda