Jangan Pernah Menunda!

Jangan Pernah Menunda

“Harapan yang tertunda menyedihkan hati …” (Amsal 13:12)

 

Kerjakanlah apa yang bisa Anda kerjakan hari ini!  Jika tidak, Anda akan membayar mahal di kemudian hari. Terlalu berlebihankah? Saya rasa tidak, sebab seringkali kita harus membayar dengan mahal akibat dari penundaan yang pernah kita lakukan. Kita akan makin frustasi ketika waktu terus bergulir mendekati dead-line yang sudah ditentukan. Waktu-waktu itulah kita berubah jadi mahkluk yang sangat sensitif. ‘Jangan coba macam-macam dengan saya. Sedikit kata gurauan bisa berarti ucapan serius di telinga saya’.  Pekerjaan yang kita lakukan pun tak ubahnya dengan kegiatan rodi yang sangat menyiksa. Kita sama sekali tidak bisa menikmati pekerjaan di saat terburu-buru seperti itu. Itu semua bermula dari sebuah penundaan yang kita lakukan.

Kita seringkali melakukan penundaan demi penundaan dengan sebuah pemikiran, “Aku toh bisa mengerjakan keesokan harinya.” Tanpa kita tahu bahwa hari esok sudah memiliki kesibukannya sendiri. Bagi banyak orang hal ini mungkin dianggap sangat sepele, tapi bukankah kadangkala kita kehilangan kesempatan-kesempatan berharga itu berlalu begitu saja hanya karena kita menunda untuk segera melakukannya?  Jangan pernah menunda apa yang bisa kita kerjakan pada hari ini. Ini adalah salah satu prinsip kesuksesan yang sangat penting. Biasakanlah diri untuk selalu menunda-nunda, maka kesuksesan yang kita impikan juga akan tertunda.  Napoleon Hill, seorang motivator berkata, “Yang berarti bukan apa yang akan Anda kerjakan melainkan apa yang sedang Anda kerjakan sekarang.”

Banyak orang gagal meraih kesuksesan karena penyakit ‘suatu hari’. Mereka harusnya bisa meraih kesuksesan pada hari ini, tetapi mereka memilih untuk menundanya dan berkata akan melakukannya pada suatu hari.  Apa yang bisa kita kerjakan pada hari ini adalah anugerah Tuhan yang harus kita responi dengan cepat. Jika kita menunda untuk melakukannya, ada kalanya itu berarti kita secara tidak sengaja menolak berkat dan keberhasilan yang diberikan oleh Tuhan bagi kita pada hari ini. Jadi, di tahun yang baru ini, jangan biasakan untuk melakukan penundaan dan terjangkit dengan penyakit ‘suatu hari’.

 

Jangan pernah menunda apa yang bisa kita kerjakan pada hari ini.

 

Artikel oleh: March 12, 2016   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Proverbs (Renungan Alkitabiah dari Kitab Amsal)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda