Penderitaan

Penderitaan

“Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita”. (Roma 8 : 18)

 

Penderitaan merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia yang percaya kepada Allah. Dalam dunia sekarang ini sedang ditawarkan segala tipu daya akan kenikmatan yang tidak terarah kepada Tuhan. Penginjilan seolah-olah dipermudah dengan iming-iming bahwa kalau ikut Tuhan maka semua masalah beres dan semua yang diinginkan akan didapat. Tetapi sesungguhnya itu tidak benar karena orang percaya juga bergumul dan mengalami tantangan.

Ketika orang mulai percaya dan datang kepada Yesus Kristus, justru di situlah mulai tantangan baru, di mana hubungan dengan orang tua atau sanak saudara mungkin menjadi rusak karena adanya orang-orang yang menolak Kristus dan iman orang percaya tersebut.  Kalau kita hanya berpikir bahwa kita datang kepada Kristus supaya mendapat kesenangan maka kita sudah salah dalam pemikiran itu. Paulus justru menegaskan bahwa ada penderitaan. Dan ketika kita menderita bersama-sama dengan Kristus maka ada hak istimewa yang disisihkan bagi kita, ada kemuliaan yang diberikan oleh Tuhan.

Paulus mengatakan bahwa tanda Yesus yang dia miliki bukanlah tanda yang diberikan manusia tetapi merupakan tanda penderitaan dan pengorbanan yang Tuhan izinkan dia alami (Gal 6 : 17). Walaupun kita bukan Paulus tetapi kita adalah anggota tubuh Kristus yang masing-masing mempunyai tugas tertentu. Penting bagi kita untuk mengenal fungsi kita supaya dapat mengambil bagian dalam pelayanan yang ada. Dan untuk itu perlu penderitaan dan pengorbanan. Justru penderitaan dalam tubuh Kristus adalah bukti nyata bahwa kita benar-benar adalah orang-orang yang menjadi satu dengan Kristus dan menjadi saksi tentang Kristus.

Mari berharap bukan berdasarkan kepada kekuatan, kemampuan atau pengetahuan yang kita miliki tetapi hanya kepada Kristus. Kita tidak cukup hanya menerima Kristus saja dan tinggal diam, tetapi kita harus mengambil bagian dalam pelayanan, termasuk di dalamnya penderitaan demi Kristus.

 

Jika kita menderita maka kita layak menerima kemuliaan bersama-sama dengan Kristus

Artikel oleh: February 18, 2016   Kategori : Bibical Devotion from Rome (Renungan Alkitabiah dari Kitab Roma), Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda