Jangan Serakah!

Jangan Serakah

“Celakalah orang yang menggaruk bagi dirinya apa yang bukan miliknya–berapa lama lagi? –dan yang memuati dirinya dengan barang gadaian”. (Habakuk 2 : 6)

 

Pada zaman Israel, konsep bahwa yang kuat yang menang telah menjadi konsep umum, setiap bangsa melakukannya. Kalau satu bangsa menaklukan bangsa lain maka seluruh harta di tempat itu menjadi milik si penjarah. Demikian juga setiap manusia yang berada dibawah penaklukkan mereka diperlakukan sesuka mereka. Jika semua bangsa melakukan hal ini, mengapa kita tidak.

Disini Alkitab justru menyatakan ketidakberesan dari sifat manusia berdosa dan Tuhan mengatakan satu kalimat tegas ‘Celakalah’ orang yang melakukan hal itu Ay 6, 9).   Ayat ini menunjukkan bahwa mereka bukan sekedar berbuat sesuatu ditengah dunia ini melainkan mereka sedang berhadapan dengan tuntutan keadilan Allah yang tidak bisa dipermainkan. Banyak orang dirugikan karena keserakahan mereka tetapi jangan lupa Alkitab juga menyatakan, sebagaimana engkau menjarah maka engkaupun akan dijarah seperti itu. Keserakahan akan menghasilkan dampak kehancuran bagi orang serakah tersebut. Seorang yang serakah, untuk mendapatkan keuntungan memakai cara yang begitu liar dan mencari kekayaan dengan cara yang tidak benar. Ditengah dunia ini, keserakahan masih tetap menjadi format manusia berdosa. Disini seolah-olah Allah diam namun sesungguhnya suatu saat kelak mereka akan berhadapan dengan keadilan Tuhan.

Kondisi pada zaman Habakuk tetap masih relevan untuk masa kini. Mengapa? Karena problem keserakahan sampai hari ini tidak pernah selesai. Manusia semakin modern justru menjadi manusia yang semakin hari semakin serakah dan tidak pernah puas, makanya banyak terjadi korupsi di berbagai bidang. Semua itu karena keserakahan!  Hari-hari ini manusia bukan semakin canggih di dalam kebenaran melainkan semakin canggih dalam kejahatan. Namun, satu prinsip yang Alkitab tegaskan dimana pembalasan merupakan hak Tuhan.

 

Jangan serakah, sebab pada waktunya, cepat atau lambat, Allah akan menyatakan hukumanNya bagi mereka yang serakah!

 

Artikel oleh: November 24, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Habakkuk (Renungan Alkitabiah dari Kitab Habakuk)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda