Berserah Pada Tuhan

Berserah Pada Tuhan

“Sesudah itu sampailah mereka di Elim; disana ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma, lalu berkemahlah mereka di sana di tepi air itu.” (Keluaran 15 : 27)  

 

Bangsa Israel banyak mengalami peristiwa-peristiwa, dan menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanannya untuk  mencapai tanah perjanjian, yaitu Tanah Kanan.  Setelah berhasil menyeberangi laut Tiberau, bangsa Israel diperhadapkan kepada masalah lain lagi  yaitu, kelelahan dan kehausan. Tidak ada perjalanan yang mulus dan bebas hambatan, namun demikian Tuhan selalu hadir menyertai untuk memberikan pertolongan.

Sampai di Mara, mereka menemukan  air, tetapi air  itu pahit rasanya. Musa harus bertindak merubah keadaan itu.  Bangsa Israel itu bersungut-sungut, “Apakah yang akan kami minum?”, (ayat 24). Bagi mereka, lebih baik bekerja pada orang Mesir itu dengan makan kenyang daripada mati di padang gurun. Musa tidak terpengaruh oleh sungut-sungut mereka, dan juga tidak putus asa dengan keadaan yang sedang mereka hadapi. Yang Musa lakukan adalah  “Musa berseru-seru kepada Tuhan, dan Tuhan menunjukkan kepadanya sepotong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis”, (ayat 25a).  Musa akhirnya mampu mengatasi  tantangan itu, oleh pertolongan Tuhan, air yang pahit itu berubah menjadi manis dan merekapun dapat meminum air itu.

Ketika kita diperhadapkan kepada situasi atau kondisi yang tidak menyenangkan, mungkin menyesakkan kita, mengecewakan, dan bahkan telah menyakiti kita.  Apakah kita harus bersungut-sungut, menyalahkan orang lain, lari atau menghindar?  Sebagai orang percaya kita harus berani  menghadapi setiap tantangan dalam kehidupan kita, seperti Musa, ia mengambil sikap untuk berseru-seru, yaitu berdoa kepada Tuhan, meminta petunjuk, meminta pertolongan, dan meminta jalan keluar dari masalah.

Hadapilah segala keadaan, dan majulah, jangan mundur, yaitu dengan berdoa, menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan, maka pastilah Tuhan akan menjawab kita, memberikan jalan keluar dan pertolongan pada kita. Tuhan selalu mendengarkan setiap orang  yang berseru kepada-Nya. Sekalipun orang memusuhi kita, menipu kita, ingatlah, bahwa Tuhan sanggup mengubah itu menjadi baik.

 

Kita pasti mampu menghadapi setiap tantangan, jikalau kita berserah pada Tuhan.  

 

Artikel oleh: September 19, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Exodus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Keluaran)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda