Teruslah Melangkah!

Teruslah MElangkah

“Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.” (Keluaran 6:5)

 

Sangat jelas dalam firman Tuhan ini bahwa Tuhan berjanji melepaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Memang saat itu umat Israel masih ada dalam kondisi yang tertindas di tengah perbudakan bangsa Mesir, namun janji Tuhan sudah dinyatakanNya melalui Musa.  Tuhan berjanji: “Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN.” (Keluaran 6:7). Tuhan membawa mereka keluar dari Mesir artinya, mereka turut berjalan bersama-sama dengan Tuhan.  Artinya bahwa umat Israel dalam kepemimpinan Musa harus melangkah dalam iman penuh kepada Tuhan dengan menaati apa yang Tuhan sampaikan melalui hambaNya Musa.  Jika umat Israel hanya berpangku tangan saja tanpa ketaatan dan iman yang aktif, maka akan selamanya mereka berada di negri perbudakan.

Begitu juga pekerjaan Allah kepada umat manusia yang hidup dalam perbudakan dosa. Setelah diselamatkan, kita harus mengambil langkah selanjutnya, yaitu berbuat sesuatu. Kita harus bertindak dengan iman yang aktif, dengan tetap menaati apa yang Tuhan katakana dalam firmanNya.  Yakobus 2:14-17 menjelaskan, bahwa iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. Hanya percaya kepada Tuhan, dan tidak berbuat sesuatu, tidak akan ada artinya. Abraham menunjukkan percayanya kepada Tuhan, dimana ia taat ketika Tuhan menyuruh Abraham mengorbankan anaknya (Yakobus 2: 21). Ia dibenarkan karena iman dan perbuatannya.

Keselamatan adalah suatu proses yang terus berjalan. Setelah menyelamatkan, Tuhan tidak membiarkan kita tinggal di tempat yang sama, tetapi memimpin kita pergi menuju ke suatu tempat yang baru.  Artinya, kita tidak hanya tinggal dalam keberdosaan kita, namun kita harus menjalani hidup sebagai ciptaan yang baru dalam Kristus, dengan meninggalkan cara hidup yang lama penuh dosa, dan hidup baru dalam iman kepada Kristus.

 

Teruslah melangkah dalam iman yang aktif, sehingga kita makin bertumbuh secara rohani dalam Dia!

Artikel oleh: September 6, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Exodus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Keluaran)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda