Selalu Ada Jalan

Selalu Ada Jalan

“Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu” (Keluaran 1:12)

 

Dalam kurun waktu yang cukup lama bangsa Indonesia pernah mengalami masa-masa yang sulit dan pahit dalam penindasan; yakni menjadi bangsa yang dijajah oleh kaum penjajah.  Sebagai bangsa yang terjajah pada masa itu, kita berada di bawah kekuasaan bangsa lain. Kita tidak memiliki hak apa-apa dan kebebasan kita terampas. Salah satu penderitaan yang harus dialami oleh bangsa Indonesia adalah kerja paksa (kerja rodi) yaitu pekerjaan yang diwajibkan oleh bangsa Belanda, tetapi tidak memperoleh upah apa-apa.

Kepahitan hati bangsa ini tidak cepat disembuhkan, bahkan hingga hari ini pengaruh dari penindasan itu masih ada. Rasa benci, dendam, masih dirasakan oleh sebagian orang, sehingga karenanya muncul berbagai sikap kompensasi, seperti memusuhi orang Kristen. Sebab dianggap bahwa kekristenan dibawa oleh orang Belanda yang saat itu notabene menjadi penjajah bangsa kita. Jadi kekristenan kadangkala dianggap sebagai agama penjajah, padahal tidaklah demikian.

Ini juga gambaran tentang kehidupan semua orang yang berada di luar Kristus. Mereka menjadi tawanan-tawanan Iblis dan menjadi hamba dosa. Dosa masih mengikat, membelenggu dan menguasai kehidupannya. Satu-satunya jalan untuk bisa terbebas dari ikatan kuasa dosa itu adalah datang dan percaya kepada Yesus Kristus.

Ditindas itu tidak enak, sangat sakit, dan karenanya kita bisa mengalami shock berat, tetapi Allah tidak membiarkan umat-Nya, Ia tidak tega terhadap kondisi umat-Nya. Karenanya Ia memanggil Musa untuk membawa bangsa Isarel keluar dari tanah Mesir. Inilah rancangan Allah, tidak ada yang sanggup menggagalkan rencana-Nya bagi umat-Nya. Rancangan-Nya bukan rancangan kecelakaan tetapi rancangan damai sejahtera yang membawa kita kepada masa depan yang penuh dengan pengharapan. (Yeremia 29:11).

Saat ini mungkin Saudara merasa tertindas, jangan takut dan putus harap, berdirilah teguh sebab Allah pembela kita. Sakit penyakit, kesulitan keuangan, atau problema hidup lainnya bisa menindas hidup kita, tetapi Tuhan sanggup menolong kita.

 

Sekalipun orang percaya hidup ditengah kesulitan dan tekanan, namun selalu ada jalan keluar dari Tuhan!

Artikel oleh: September 1, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Exodus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Keluaran)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda