Tetaplah Taat!

Tetaplah Taat

“Simon menjawab: Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga”. (Lukas 5 : 5)

 

Hubungan yang sehat dengan Allah ditandai oleh adanya ketaatan terhadap kehendak Allah. Tidak adanya ketaatan menunjukkan adanya masalah dalam pengenalan kita akan Allah. Simon Petrus adalah seorang nelayan yang berpengalaman. Dia telah bekerja keras sepanjang malam untuk menangkap ikan, namun hasilnya nihil.  Waktu Tuhan Yesus menyuruh dia menyebarkan jala di tempat yang dalam, dia mengalami keadaan yang membuat dia merasa serba salah. Di satu sisi, akal sehatnya (yang didukung oleh pengalaman) mengatakan bahwa tidak ada gunanya melakukan hal itu karena sepanjang malam dia telah gagal.  Di sisi lain, dia segan menolak perintah Sang Guru, yaitu Tuhan Yesus. Akhirnya, pertimbangan kedua mengesampingkan pertimbangan pertama dan ia menaati perintah Tuhan Yesus. Hasilnya di luar dugaan. Jala yang dipakai mulai koyak karena banyaknya ikan yang ditangkap.

Kesulitan kita untuk hidup dalam ketaatan terhadap kehendak Allah sama seperti kesulitan yang dihadapi oleh Simon Petrus. Kehendak Allah tidak selalu masuk akal bagi kita. Kita terikat oleh ruang (kita hanya mengetahui apa yang ada atau terjadi di sini) dan oleh waktu (kita hanya mengerti apa yang ada atau terjadi saat ini), padahal Allah mengetahui segala sesuatu di setiap tempat dan di segala waktu, bukan hanya saat ini, tetapi juga yang akan datang.

Bila kita ingin bertumbuh dalam ketaatan, kita harus bertumbuh dalam pengenalan kita akan Allah. Sadarilah bahwa Allah itu mahatahu, mahabijaksana, dan selalu memiliki maksud baik terhadap diri kita. Kehendak-Nya selalu lebih baik daripada apa yang bisa kita pikirkan.

 

Apapun yang Anda hadapi, entah manis atau pahit, tetaplah taat pada kehendak Tuhan, maka hasilnya pasti mencengangkan!

 

Artikel oleh: August 25, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Luke (Renungan Alkitabiah dari Kitab Lukas)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda