Makanan Rohani

Makanan Rohani 

“Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya;  firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku” (Yeremia 15:16)

           Setiap manusia pasti mengalami rasa lapar dalam hidupnya.  Jika rasa lapar itu sudah semakin kuat, biasanya tubuh kita gemetar, lemas, dan tidak bisa konsentrasi dalam berpikir maupun bekerja.  Bahkan, jika sudah sangat lapar, apapun makanannya pasti terasa lezat, sehingga terkadang kita sudah tidak perduli dengan kondisi makanan yang kita makan.

Di zaman sekarang ini, banyak orang menjadi koruptor, perampok, pencuri, pembunuh, dan perbuatan kriminal lainnya. Semua itu mereka lakukan dengan berbagai alasan, dan alasan paling banyak adalah untuk mengisi perutnya dan juga keluarganya. Tentu apa yang mereka lakukan itu semuanya salah dan tidak berkenan dihadapan Tuhan. Namun dari semua itu, kita bisa melihat betapa pentingnya makanan bagi kehidupan manusia. Karena melalui makanan, manusia akan mengalami pertumbuhan dan memiliki sumber energi sehingga mampu melakukan aktifitas dan bekerja dengan baik, dan tentunya bisa bertahan hidup.

Kehidupan rohani juga seperti itu, kita membutuhkan makanan rohani.  Menjadi pertanyaan yakni:  berapa sering kita merasa lapar terhadap makanan rohani?  Berapa kali kita membaca Alkitab dalam sehari?   Tidak sedikit orang Kristen yang mengaku jarang sekali baca Alkitab, hanya kalau sempat saja, atau kalau tidak sibuk, tidak lelah dan alasan-alasan yang lain.  Banyak orang yang mengaku sebagai orang percaya, namun sangat jarang mengisi hidupnya dengan makanan rohani. Mereka terlena dan terlalu sibuk dengan kegiatan maupun pekerjaannya setiap hari. Mereka beranggapan bahwa pekerjaan dan mencari uang itu lebih penting dibandingkan membaca alkitab, mendengar firman, dan aktivitas rohani lainnya.

Perhatikan apa yang dikatakan Tuhan Yesus,  “Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”  (Matius 4:4).  Hal ini menunjukkan bahwa firman Tuhan itu harus menjadi bagian penting dalam kehidupan kita orang percaya.

 

Firman Tuhan itu haruslah menjadi kebutuhan utama kita setiap hari supaya tubuh rohani kita tetap kuat!

 

Artikel oleh: July 10, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Jeremiah (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yeremia)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda