Dibentuk Sesuai RancanganNya

Dibentuk sesuai dengan rencana-Nya

“Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya,” (Yudas 1 : 24)

 

Hidup adalah sebuah proses. Proses dari buruk menjadi baik, dari lemah menjadi kuat dan sebagainya, tapi bisa juga berlaku sebaliknya. Begitu banyak proses pembelajaran yang kita alami baik dari pendidikan formal, lingkungan maupun pengalaman yang dapat membentuk kita menjadi seperti siapa kita hari ini. Sebagai anak-anak Allah, kita harus mengetahui bahwa Tuhan telah merancang diri kita masing-masing. Ada “blueprint” bagi setiap kita yang disediakan bagi Allah, Dia telah menetapkan apa yang menjadi rencana-Nya bagi kita, seperti apa yang Dia katakan dalam kitab Yeremia 1:5.

Mungkin sebuah proses pembentukan itu akan sulit untuk dilalui, namun dari surat Yudas, kita bisa belajar bahwa Tuhan Yesus dengan setia siap untuk membimbing kita agar tidak tersandung dan jatuh dalam proses itu, hingga kita bisa mencapai akhir yang penuh kegembiraan di hadapan kemuliaanNya. (Yudas 1:24). Kita punya Alkitab berisi firman Tuhan sebagai pedoman, kita punya Roh Kudus sebagai pembimbing, kita punya Gembala yang baik dalam diri Yesus Kristus, dan kita punya Allah yang punya rancangan penuh damai sejahtera bagi kita. Jika kita taat dan selalu menjaga kerohanian kita untuk tunduk pada kehendak Tuhan, roh kita pun akan selalu dipimpin langsung oleh Roh Allah. Sebaliknya, jika orang lebih mendasarkan hidup pada keduniawian, mereka akan lebih memilih rancangannya sendiri, hidup tidak sesuai dengan rencana Allah dengan mengandalkan kekuatan sendiri.

Yudas mengajak kita untuk tumbuh dalam iman, berdoa dalam Roh Kudus dan tetap memelihara diri kita dalam kasih Allah agar kita bisa melewati masa-masa proses dengan baik. Dalam pembentukan, kita harus tetap menunjukkan belas kasihan pada orang lain dan menyelamatkan mereka dari bahaya keruntuhan rohani.

 

Hasilnya akan sangat indah jika Anda mengijinkan untuk dibentuk sesuai rancangan yang disediakan Tuhan bagi kita.

 

Artikel oleh: April 26, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Peter (Renungan Alkitab dari Surat Petrus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda