Berbuat Baik, Berkata Benar

Berbuat Berkata BEnar

“Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telingaNya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat”. (1 Petrus 3:12)

 

Di dalam masyarakat dan negeri yang normal, orang-orang berhati dan bekerja benar dan baik akan hidup senang dan sejahtera, sebaliknya orang-orang yang tidak benar akan hidup susah. Namun di masyarakat kita yang sedang amburadul yang terjadi seringkali sebaliknya. Orang-orang jujur, tulus, bekerja keras dan selalu taat hukum dan moral bisa-bisa malah hidup susah dan melarat. Bahkan pernah di negeri ini orang yang mencoba hidup benar justru dikurung dalam penjara sebaliknya orang-orang jahat, hidup bebas bernikmat-nikmat. Lantas bagaimana?

Rasul Petrus mengingatkan dalam suratnya bahwa iman dan kebajikan kita tidak serta-merta membuat hidup kita di dunia ini aman, tenteram dan nyaman serta berkelimpahan materi. Ada kalanya iman dan kebajikan kita justru membuat kita menderita. Dan kita tidak usah terlalu kaget, sebab hal itu sudah lebih dulu dialami oleh Yesus dan para nabi dan rasul Kristus. Mereka semua benar dan baik, namun hidup malah menderita. Selanjutnya bukan sekedar tidak kaget, tetapi agar kita tidak kapok atau jera berbuat baik dan benar. Dengan kata lain kesusahan atau penderitaan tidak boleh dijadikan alasan menghentikan berbuat dan berkata benar.

Namun, Rasul Petrus tidak hanya mengingatkan, dia juga mau menghibur kita yang menganggap penderitaan kita tidak adil sebab merupakan ganjaran kebenaran dan kebajikan kita.  Dia mengatakan mata dan telinga Tuhan tetap tertuju kepada orang-orang benar yang terjepit dan berteriak minta tolong. Tuhan tidak akan meninggalkan orang-orangNya yang mengikut Yesus berbuat benar sekali pun kebenaran itu memiliki resiko yang tak menyenangkan.

 

Kesusahan atau penderitaan tidak boleh dijadikan alasan menghentikan kita untuk berbuat dan berkata benar.

 

Artikel oleh: April 18, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Peter (Renungan Alkitab dari Surat Petrus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda