Firman Allah Yang Murni

Firman Allah Yang Murni

“Tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya” (1 Petrus 1 : 24b)

 

Banyak orang beranggapan bahwa mereka hidup dengan Firman Allah ketika mereka membaca Firman Allah setiap hari dengan beberapa terjemahan Alkitab bahasa Inggris dan beberapa komentari! Apakah artinya hidup dengan “setiap Firman” Allah?  Ini berarti kita harus membaca, mempelajari, merenungkan, meneliti, dan mencerna “setiap Firman” Allah dengan hati yang penuh doa, mau diajar, penuh iman, dan taat. Ini berarti bahwa ketika kita membaca Alkitab, kita berdoa, “Berbicaralah, TUHAN, sebab hamba-Mu ini mendengar” (1Sam. 3:9) dengan percaya, takut dan gentar, “Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku” (Yes. 66:2).

Setiap Firman Allah adalah susu murni untuk pertumbuhan rohani kita, “Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh” (1Ptr. 2:2).  Sehingga kita harus menerima, bergantung, dan tunduk kepada setiap Firman Allah yang murni, tanpa penambahan, pengurangan, atau modifikasi. Kita harus berhati-hati atas Firman Allah yang tidak murni jika ini didasarkan pada tulisan-tulisan yang bobrok atau diputarbalikkan oleh pikiran, ide, jalan pikiran, filosofi manusia, terjemahan yang berubah-ubah atau kritikan tekstual.

Banyak orang berkata, “Saya suka pendeta itu. Pengajarannya sangat berkuasa. Dia menceritakan begitu banyak cerita dan pengalaman menarik. Dia mengutip banyak perkataan terkenal dari orang-orang besar, dll.” Tetapi mereka gagal memeriksa diri sendiri dan bertanya, “Apa yang Allah katakan lewat Firman-Nya hari ini?” Jika mereka diberi makan dengan cerita, pengalaman makanan sampah, perkataan manusia, maka jiwa mereka tidak akan dikuatkan untuk mengalahkan natur mereka yang berdosa, pencobaan dan keduniawian.

Hanya Firman Allah yang mampu melahirbarukan dan menyucikan kita, “Karena kamu telah dilahirkan kembali… oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal” dan “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran” (1Ptr. 1:23; Yoh. 17:17).

 

Hanya Firman Allah yang merupakan makanan rohani kita, maka bacalah setiap hari!

Artikel oleh: April 15, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Peter (Renungan Alkitab dari Surat Petrus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda