Tahan Uji

“Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun”. (Yakobus 1 : 13)

 Tahan Uji

             Hidup manusia pada umumnya adalah penuh perjuangan. Hidup orang Kristen pada khususnya penuh dengan pencobaan.  Pencobaan dalam ayat ini mengacu kepada berbagai masalah atau peristiwa yang Tuhan izinkan terjadi dalam kehidupan kita dengan maksud hendak menguji iman kita. Tujuannya agar melalui semuanya itu iman kita diperteguh dan kerohanian kita semakin bertumbuh dewasa di dalam Tuhan.  Jadi, jangan pernah katakan bahwa ketika kita menjadi orang Kristen yang taat dan lahir baru, maka kita terbebas dari berbagai kesulitan hidup. Selama kita masih hidup di dunia ini, maka kita pasti akan menghadapi pencobaan demi pencobaan.  Entah tua maupun muda, kaya atau miskin, orang Kristen ataupun bukan; kita semua tidak bisa menghindari apa yang dinamakan pencobaan.

Pencobaan itu sendiri bukanlah berasal dari Allah “sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat”, tetapi memang diizinkan oleh Allah untuk kebaikan kita, yaitu menguji kekuatan iman kita.  Pencobaan itu datangnya dari diri manusia itu sendiri, yaitu dari keinginan atau hawa nafsu yang memikatnya (ay 14) dan dari pengaruh jahat iblis.  Jika kedua keinginan atau pengaruh negatif itu tidak dilawan dan disingkirkan, maka hal itulah yang akan menuntun manusia kepada dosa dan kematian rohani.

Ada dua reaksi manusia ketika menghadapi pencobaan.  Orang yang satu malah mundur dan menjadi kecewa dan pahit hati, tetapi orang yang lain malah makin dekat dan melekat kepada Tuhan, semakin mengenal kuasa Tuhan dan mengalami kasih Tuhan ditengah-tengah kesusahan.  Tipe orang yang kedua inilah yang dikatakan berbahagia, yaitu orang yang bertahan, yang tabah, dan yang tetap setia kepada Tuhannya.  Hanya orang-orang yang sungguh-sungguh mengasihi Allah yang akan tahan uji menghadapi berbagai pencobaan hidup.  Allah dalam Firman-Nya menjamin bahwa orang percaya yang tahan uji dalam menghadapi pencobaan akan menerima mahkota kehidupan, yang merupakan arti kiasan dari hidup yang kekal.

 

Pencobaan memang selalu ada,  kesulitan memang banyak, tetapi menjadi orang Kristen harus tahan uji!

 

Artikel oleh: April 2, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from James (Renungan Alkitabiah dar Kitab Yakobus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda