Jangan Takut!

Berkat

“Diucapkannyalah juga sanjaknya, katanya:”Celaka! Siapakah yang akan hidup, apabila Allah melakukan hal itu?” (Bilangan 24 : 23)

 

Dalam pasal ini kita temukan nubuat Bileam. Nubuat ini disampaikan ketika bangsa Israel berada di dataran Moab, di daerah seberang sungai Yordan dekat Yerikho. Mungkin nubuat ini disampaikan dengan “terpaksa” oleh Bileam. Dikatakan “terpaksa”, karena sebelumnya atas permintaan Balak, raja Moab, ia diminta untuk mengutuki bangsa Israel dengan upah besar. Hal ini terjadi ketika raja Balak mengetahui bangsa Israel berkemah di dekat negerinya, dan mendengar bagaimana bangsa Israel telah menaklukan orang Amori, hal ini membuatnya gentar dan ketakutan, sehingga mencari jalan keluar untuk mematahkan kekuatan orang Israel.

Jalan keluar yang dianggap jitu dengan mengundang Bileam, yang dianggap mempunyai kekutan supranatural. Balak menyakini bahwa apa yang diucapkan Bileam, itu yang akan terjadi. Memang awalnya Bileam tidak bersedia. Namun godaan hadiah besar dari Balak membuatnya goyah sehingga memenuhi permintaan Balak. Namun pada waktu dan tempat yang sudah ditetapkan, bukan brondongan kutuk atas Israel yang diucapkan Bileam, melainkan berkat dan nubuat dan hal ini dapat terjadi karena Allah berkuasa atasnya. Sudah pasti Balak sangat kecewa bahkan sangat geram kepada Biliam.

Hal ini memang suatu kebenaran, siapa pun yang memusuhi bangsa pilihan Tuhan, maka Allah akan membuatnya kecewa bahkan binasa. Oleh karena itu sebagai umat Tuhan, walaupun ada banyak tantangan dalam hidup ini, walaupun ada orang-orang tertentu, kelompok tertentu yang dipakai si Iblis (bapa segala kejahatan) untuk menghancurkan kita, untuk mengutuki kita, jangan takut!  Ada Allah kita yang selalu melindungi orang yang dikasihiNya. Sama seperti bangsa Israel yang tidak tahu bahwa ada orang yang berusaha untuk membinasakan mereka, namun Allah tetap menyatakan perlindunganNya dengan sempurna, dengan cara menghalau segala niat buruk orang yang membenci umat kesayanganNya.

 

Jaminan kita adalah Allah; maka janganlah kita takut!

 

Artikel oleh: February 8, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Number (Renungan Alkitab dari Kitab Bilangan)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda