Mengukur Kekuatan

Tak Terkalahkan

“Hitunglah jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, dan catatlah nama semua laki-laki di Israel ” (Bilangan 1 : 2)

 

Sensus bagi orang Israel dilakukan karena Allah memerintahkan (1:1-2; 26:1-2). Perintah Allah untuk menghitung jumlah orang Israel di lakukan dua kali. Pertama, ketika orang Israel tiba di padang gurun Sinai. Kedua, ketika orang Israel tiba di dataran Moab di tepi sungai Yordan, dekat Yerikho.В  Karena diperintahkan Tuhan, Musa dan Harun melakukan sensus dengan dibantu oleh 12 pemimpin yang dipilih dari 12 suku Israel. Yang dihitung adalah semua laki-laki berumur 20 tahun ke atas dari segenap umat Israel.

Bisa diduga bahwa Allah pasti memiliki tujuan khusus sehingga Ia memerintahkan Musa untuk menghitung jumlah orang Israel, yaitu: Pertama, sensus itu berguna untuk menghitung kekuatan militer berdasarkan jumlah orang yang sanggup berperang (misalnya, lihat 1:20). Sensus jiwa merupakan tradisi purba sehubungan dengan pendataan orang-orang yang dapat berperang. Istilah “Ratus” dan “Ribu” merupakan bentuk kesatuan militer.В  Kedua, sensus itu menunjukkan bahwa bila umat Israel bisa memenangkan peperangan menghadapi bangsa-bangsa kafir yang sudah lebih dulu tinggal di tanah Kanaan, hal itu disebabkan karena pertolongan Tuhan, sehingga umat Israel tidak boleh menyombongkan diri. Kekuatan militer dan jumlah laki-laki Israel yang siap berperang tidak sebanding dengan kekuatan lawan karena bangsa-bangsa kafir memiliki prajurit-prajurit yang pandai berperang dan lebih menguasai medan perang. Menurut akal sehat, bila bukan Allah yang berperang, mereka pasti kalah.

Sudahkah Anda mengukur kekuatan Anda saat melewati “padang gurun” kehidupan Anda? Apakah Anda memasuki “tanah Kanaan” dengan penuh ucapan syukur atas pertolongan Tuhan? Renungkanlah baik-baik!

Mengukur kekuatan kita adalah berguna untuk mengetahui sejauh mana kapasitas kita serta kemampuan kita dalam menghadapi musuh-musuh kehidupan.

 

Artikel oleh: January 14, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Number (Renungan Alkitab dari Kitab Bilangan)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda